Popular Posts

Tuesday, July 1, 2008

Apakah Miriam mempunyai anak-anak lagi setelah Yeshua?

Shalom,

Apakah Miriam mempunyai anak-anak lagi setelah Mesias Yeshua dilahirkan? Mari kita lihat beberapa penjelasan Kitab Suci tentang hal ini.

Penjelasan dari Mat 13:55-56 dan Mar 6:3
Mat 13:55 
Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren, James, and Joses, and Simon, and Judas?
Mat 13:56 
And his sisters, are they not all with us? Whence then hath this man all these things?

Mar 6:3 
Is not this the carpenter, the son of Mary, the brother of James, and Joses, and of Juda, and Simon? and are not his sisters here with us? And they were offended at him.

Pengajaran Roma Katolik melalui The Catholic Cathecism mengajarkan :
"The Church has always understood these passages as not referring to other children of the Virgin Mary. In fact James and Joseph, 'brothers of Jesus,' are the sons of another Mary, a disciple of Christ..." (Pg. 126 #500).

Sekarang untuk detailnya, mari kita membaca sendiri apa yang sebenarnya ditulis dalam bahasa aslinya yaitu bahasa Yunani.

Mat 13:55
ou [not] houtos [this] esti [is] ho [the] to tekton [the carpenter] uihos [son] ou [not] ho [the] meter [mother] autos [of Him] lego [is being said] Maria [Mary] kai [and] ho [the] adelphos [brothers] autos [of Him] Iakobos [James] , kai [and] Ioses [Joses] kai [and] Simon [Simon] kai [and] Ioudas [Judas] ?

Kata brethren atau brothers berasal dari kata adelphos.

Kata ἀδελφός - adelphos berasal dari kata  δελφύς - delphus yag artinya adalah the womb atau rahim, untuk menjelaskan saudara-saudara yang berasal dari 1 rahim atau saudara kandung.

Definisi kata adelphos berdasarkan Thayer's Greek Definition adalah :
ἀδελφός
adelphos
Thayer Definition:
1) a brother, whether born of the same two parents or only of the same father or mother
2) having the same national ancestor, belonging to the same people, or countryman
3) any fellow or man
4) a fellow believer, united to another by the bond of affection
5) an associate in employment or office
6) brethren in Christ
6a) his brothers by blood
6b) all men
6c) apostles
6d) Christians, as those who are exalted to the same heavenly place
Part of Speech: noun masculine

Dan berikut ini adalah penjelasan berdasarkan Vine's Expository Dictionary of New Testament Words :

Brother, Brethren, Brotherhood, Brotherly
adelphos denotes "a brother, or near kinsman;" in the plural, "a community based on identity of origin or life." It is used of :


  1. male children of the same parents, Matt 1:2; Matt 14:3;
  2. male descendants of the same parents, Acts 7:23, 26; Heb 7:5;
  3. male children of the same mother, Matt 13:55; 1 Cor 9:5; Gal 1:19;
  4. people of the same nationality, Acts 3:17,22; Rom 9:3. With "men" (aner, "male"), prefixed, it is used in addresses only, Acts 2:29, 37, etc.;
  5. any man, a neighbor, Luke 10:29; Matt 5:22; Matt 7:3;
  6. persons united by a common interest, Matt 5:47;
  7. persons united by a common calling, Rev 22:9;
  8. mankind, Matt 25:40; Heb 2:17;
  9. the disciples, and so, by implication, all believers, Matt 28:10; John 20:17;
  10. believers, apart from sex, Matt 23:8; Acts 1:15; Rom 1:13; 1 Thess 1:4; Rev 19:10 (the word "sisters" is used of believers, only in 1 Tim 5:2);
  11. believers, with aner, "male," prefixed, and with "or sister" added, 1 Cor 7:14 (RV), 1 Cor 7:15; James 2:15, male as distinct from female, Acts 1:16; Acts 15:7, 13, but not Acts 6:3.
Jadi berdasarkan bahasa aslinya yaitu adelphos, maka kita mengerti bahwa Mat 13:55 adalah berbicara tentang saudara-saudara kandung Yeshua yaitu Yaacov, Yosef, Shimon dan Yehudah.

Hal ini berarti setelah melahirkan Ha'Adon Yeshua, maka Miriam - Yosef hidup selayaknya suami isteri dan mempunyai beberapa anak-anak lagi dari hasil perkawinannya yaitu Yaacov, Yosef, Shimon dan Yehudah.

Penjelasan dari Mat 12:46; Mar 3:31 dan Luk 8:19
Mat 12:46
While he yet talked to the people, behold, his mother and his brethren [adelphos] stood without, desiring to speak with him.

Mar 3:31 
There came then his brethren [adelphos] and his mother, and, standing without, sent unto him, calling him.

Luk 8:19 
Then came to him his mother and his brethren [adelphos], and could not come at him for the press.

Dalam beberapa ayat di atas kita lihat memakai kata adelphos, yang artinya adalah saudara sekandung.

Sedangkan untuk menjelaskan saudara bukan sekandung dalam bahasa Yunani adalah ἀνέψιος - anepsios.
ἀνέψιος
anepsios
Thayer Definition:
1) a cousin

Hal ini dapat dijumpai dalam Kolose 4:10.
Col 4:10 
Aristarchus my fellow prisoner saluteth you, and Mark, sister's son [anepsios] to Barnabas, (touching whom ye received commandments: if he come unto you, receive him;)

Penjelasan dari Mat 1:23-25
Mat 1:23
Behold, a virgin shall be with child, and shall bring forth a son, and they shall call his name Emmanuel, which being interpreted is, God with us.
Mat 1:24 
Then Joseph being raised from sleep did as the angel of the Lord had bidden him, and took unto him his wife:
Mat 1:25 
And knew her not till she had brought forth her firstborn son: and he called his name JESUS. Dalam ayat 25 dikatakan : And knew her not till she had brought forth her firstborn son yang artinya adalah tetapi Yosef tidak bersetubuh dengan Miriam sampai ia melahirkan anaknya laki-laki.

Berarti setelah melahirkan Yeshua, maka Yosef dan Miriam hidup selayaknya suami isteri. Miriam tidak selamanya virgin.

Jadi apakah Miriam mempunyai anak-anak lagi setelah melahirkan Yeshua? Ya, karena Alkitab mengatakannya bahwa adik-adik kandung Yeshua adalah Yaacov, Yosef, Shimon dan Yehudah.

Kata brethren atau adelphos berasal dari kata delphus yang artinya adalah rahim. Jadi adelphos adalah saudara-saudara yang berasal dari satu rahim atau saudara kandung.

Ha'Shem memberkati di dlam Nama Yeshua Meshicheinu.

134 comments:

  1. shalom pak andre....,bapak sedang kuliah teologi yah...?

    ReplyDelete
  2. its ok..., im getting used to it..tentang komentar dari kamu..banyak kok orang yg menuduh orang katolik macem2.., biarpun saya gak pernah tau ada orang katolik yg seperti yg kamu bilang.
    GBU.

    ReplyDelete
  3. Well, kenyataannya ada, dan saya mengenal beberapa orang yg seperti demikian, maka itu Andre mengeposkan artikel ini.
    Saya pernah ada pembicaraan/ komentar dengan org Katolik dari Indo yg berpandangan demikian dan terakhir dari Philippine yg percaya virgin Mary and Jesus has no brothers and sisters.

    Pengecualian dari kamu dan sebagian org Katolik lainnya, yg memahami lebih baik Firman Tuhan dan tidak berpandangan demikian.

    GBU too.

    ReplyDelete
  4. yeap.. i guess to be fair..i will say nobody's perfect... tidak semua orang katolik berpandang benar..sama seperti tidak semua orang kristen protestan, dan kristen2 yg lain yg berpandangan benar2 sesuai dengan ajaran kitab suci.., but then again..thats only religions.., the most important thing is how we act on HIS words..n how is our relationship with Lord Jesus.

    ReplyDelete
  5. Yup, no body is perfect and no religion is perfect.
    Religion is only the tool and not the whole truth.
    That's why Jesus died for us on the cross.

    ReplyDelete
  6. Shalom,

    Yudas dan Yakobus yang dimaksud dalam Mat 13:55 adalah memang yang menulis surat Yudas dan surat Yakobus di PB. Dan mereka adalah saudara kandung dari Tuhan Yesus, bukan termasuk 12 murid.

    Karena pada mula pelayanan-Nya Yesus ditolak oleh saudara-saudara kandung-Nya sendiri.

    Dalam Alkitab ada 3 nama Yakobus yaitu :

    Yakobus, saudara kandung Yesus Kristus ( Mar 6:30; Luk 8:19; Kisah 1:14; 9:26; 12:17; 15:13-14; 21:18; Gal 1:19; 2:2; Tit 1:1 dan surat Yakobus ).

    Yakobus anak Alfeus ( Luk 6:15; Kis 1:13 ).

    Yakobus anak Zebedeus ( Mar 5:37; Luk 9:28, 54; Kis 3:1; 12:2, 17; 1Kor 15:7 )

    Simon dalam Mat 13:55 adalah bukan Simon Petrus.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  7. Shalom,

    Saya hanya menguraikan apa yang tertulis dalam bahasa asli Alkitab saja. Semua sebenarnya sudah tertulis di dalam firman Tuhan.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  8. Amen Chris...that's why it is important to keep in the Words of God.

    Psa 119:105
    Thy word is a lamp unto my feet, and a light unto my path.

    God's Word is a lamp to our feet, and a light to our path.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  9. Ya memang benar...no body is perfect...hanya firman Tuhan saja yang benar.

    Joh 17:17
    firman-Mu adalah kebenaran.

    Karena itu setiap pengajaran atau doktrin harus sejalan dengan firman Tuhan. Tidak boleh bertentangan dengan firman Tuhan.

    Apa yang dijelaskan dalam buku Catholic Cathecism tetap harus dicheck apakah sesuai dengan firman Tuhan atau tidak.

    Blessing to Chris, Thia and Sarah.

    Keep in God's Words.
    Andre

    ReplyDelete
  10. Shalom Andre,semua artikel yang berdasarkan Firman Tuhan(firman yg belum di korup)adalah benar.kita juga sebagai umat yang percaya harus waspada terhadap banyak "penyesatan" di Akhir Zaman ini.Tuhan Yesus Memberkati

    ReplyDelete
  11. sebagai seorang kristen haruslah taat pada Firman (Tuhan)bukan pada manusia(siapapun termasuk paus)Efesus 6
    6:7 dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia

    ReplyDelete
  12. setuju...smangad om Andre...hehe..God bless en be bless...

    ReplyDelete
  13. May God bless you too Aga. Keep in God's Words.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  14. Ya Amen. Seperti para rasul mengatakan :

    Act 5:29
    Then Peter and the other apostles answered and said, We ought to obey God rather than men.

    Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Elohim dari pada kepada manusia.

    ReplyDelete
  15. Taat pada Firman Tuhan itu artinya luas lho...jangan asal bunyikan saja... sudahkah hidup anda sesuai dengan Firman Tuhan ?

    Kalo saya sendiri tak berani menunjuk orang lain salah/menghakimi orang karena belum tentu hidup saya lebih baik dari orang yang saya hakimi tsb.

    ReplyDelete
  16. memang demikianlah halnya...., iman tanpa perbuatan adalah bagaikan pohon mangga yang tidak pernah berbuah...,percuma hanya mengotori pekarangan.

    ReplyDelete
  17. Amen saudaraku,,

    akan tetapi perbuatan tanpa mengerti Firman jg akan membuat kita sama dgn agama2 lainnya..

    Teladan kita adalah Kristus, dan Kristus digambarkan dgn sangat sempurna lewat Injil.. So, setiap org percaya harus baca Alkitab..

    ReplyDelete
  18. saudaraku erwin...., darimanakah datangnya "iman" (kristiani)? tentunya dengan membaca dan mendengarkan firman Tuhan, selanjutnya agar iman bertumbuh maka firman itu harus dijabarkan dalam kehidupan sehingga memperoleh kebahagiaan. karena "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

    ReplyDelete
  19. pohon mangga kami berbuah non stop walaupun dikit2 alias nyicil ::))

    Andre, sorry jadi becanda dikit boleh kan... Tuhan Jesus sayang katorang samua..

    ReplyDelete
  20. he...he...he...nona manise so ja baku sedo....deng pohong mangga, tq.

    ReplyDelete
  21. Hehehe....ya ndak apa-apa Sarah....kita memang perlu becanda juga, jangan serius terus...:) karena itu Bang Sabam memakai ilustrasi pohon mangga...:))

    ReplyDelete
  22. ikutan bercanda ahhh..: Sarah, gw juga suka mangga, dirujak ok, dimakan gitu aja juga ok banget, biarpun gak punya pohon mangga:-), selalu coba ikut firman Tuhan..walopun sering banget gagalnya:-((, gak pernah hafal ayat2 kitab suci, padahal kepengen banget hafal:-( tapi..buat Tuhan kita..failure its not final..cause of Jesus love. Cause i believe that love of GOD in us is an unstopeable force..unconditional love. Amen!

    ReplyDelete
  23. seruh skali......yang penting melakukan Firman Tuhan sesuai dengan ajaran Tuhan.Katolik, protestan, Carismatik semuanya sama. we are one im Christ.
    shalom
    sherly

    ReplyDelete
  24. Tetap berjalan sesuai kebenaran firman Tuhan, Sherly,

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  25. amen Bro.thx. saling menopang n mendoakan.
    shalom
    sherly

    ReplyDelete
  26. Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya - Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan -. Ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya diatas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan., karena rumah itu kokoh dibangun.
    Lukas 6:47-48

    Masalah keperawanan Maria, apakah beliau tetap perawan atau tidak setelah melahirkan Yesus, bisa dilacak sejak sekitar tahun 380. Adalah Helvidius yang mengangkat isu bahwa "saudara-saudara Tuhan" adalah anak-anak yang dilahirkan Maria dan Yusuf setelah kelahiran Yesus. Sejaman dengan Helvidius, Santo Jerome pada awalnya tidak berminat menanggapi komentar Helvidius tersebut karena dianggap "mengada-ada, jahat, dan menantang iman seluruh dunia (kekristenan pada masa itu)" (diambil dari tulisan beliau sendiri, De perpetua virginitatae Beatae Mariae adversus Helvidium). Penafsiran ini benar-benar baru (pada masa itu) dan belum pernah diangkat sebelumnya.

    Akhirnya, karena didorong oleh rekan-rekannya, Jerome memutuskan untuk menuliskan Keperawanan Abadi Maria (On the Perpetual Virginity of the Blessed Mary). Beliau tak hanya mengajukan argumen dari kitab suci, namun juga mengutip para penulis kristen pendahulunya seperti Ignatius, Polikarpus, Irenaeus, dan Justin Martir. Helvidius mengklaim didukung oleh dua penulis, Tertulianus dan Victorinus. Namun Jerome memandang hal tersebut sebagai bukan dukungan sama sekali karena Tertulianus dianggap sesat (menganut Montanisme) dan sebagian tulisan Victorinus telah disalahtafsirkan. Helvidius tak mampu menjawab, dan teorinya tidak pernah diangkat kembali, sampai dengan zaman modern ini. Jadi, Welcome back, Helvidius!

    Kalau boleh, saya teruskan,
    kalo tidak, saya setop disini
    :)

    Salam kenal dan salam damai...

    ReplyDelete
  27. Shalom kamperwangi,

    Coba perhatikan kalimat yang Anda tulis di atas!

    Apakah seorang wanita yang sudah melahirkan dapat disebut "masih perawan"?...hahahaha......ya sudah tentu jawabannya adalah tidak.

    Maria mengandung Yesus, saat dia masih perawan. Tetapi setelah melahirkan Yesus, ya sudah tentu ia tidak lagi perawan. Bahkan Maria dan Yusuf hidup selayaknya suami istri dan mempunyai anak-anak darah daging mereka. Kecuali Tuhan Yesus Kristus.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  28. Thanks atas reply bapak.

    Maria disebut Perawan karena Yesus bukan lahir dari benih Yusuf.
    Mungkin perlu didefinisikan istilah "perawan" disini. Secara biologis, tentu Maria dikatakan sudah tidak perawan karena jalan lahirnya sudah dilewati oleh Yesus.
    Secara theologis, disebut perawan karena tidak ada yang "masuk" sebelum Yesus :)
    Kalo sudah ada yang masuk duluan tentu beliau tidak perawan lagi.
    Betul gak kira2?
    Masalahnya, apakah kita akan diskusi dalam ranah biologis atau teologis? Implikasinya besar soalnya.
    Pernyataan Pak Andre bahwa beliau itu perawan saat mengandung Yesus itu dalam ranah teologis atau biologis? Karena secara biologis, tidak ada perempuan yang mengandung tapi masih perawan. Ada satu dua kasus dimana terjadi konsepsi tanpa melibatkan sperma, namun kasus tersebut tidak pernah sampai disebut mujizat kelahiran Anak Allah seperti dalam iman yang kita peluk.
    Apakah kita sepakat dalam hal ini?
    Nah, kalo kita sepakat, baru bisa dilanjut..
    :)

    Salam damai...

    ReplyDelete
  29. Shalom kamperwangi,

    Jangan membuat istilah sendiri tanpa mempunyai dasar-dasar yang jelas. Apalagi sampai memakai istilah "perawan secara biologis" dan kemudian membuat istilah sendiri "perawan secara theologis".

    Berikut ini saya kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia tentang definisi kata "perawan".

    Perawan :
    1. Anak perempuan yang sudah patut kawin; anak dara; gadis;
    2 Belum pernah bersetubuh dengan laki-laki; masih murni (selaput dara pada anak perempuan).

    Memerawani : (kata kerja intransitif) mengambil keperawanan seseorang;
    Keperawanan : perihal perawan; kesucian (kemurnian) seorang gadis; kegadisan.


    Saya harap jangan membuat istilah sendiri, tetapi tetap berlandaskan bukti dan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Berikut ini saya berikan bukti dan fakta bahwa Maria memiliki anak-anak kandung dari suaminya yaitu Yusuf.

    Mat 13:55 KJV
    Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren, James, and Joses, and Simon, and Judas?

    Sekarang kita lihat ke manuskrip aslinya yang memakai bahasa Yunani :

    Mat 13:55 GNT
    οὐχ οὗτός ἐστιν ὁ τοῦ τέκτονος υἱός; οὐχὶ ἡ μήτηρ αὐτοῦ λέγεται Μαριὰμ, καὶ οἱ ἀδελφοὶ αὐτοῦ ᾿Ιάκωβος καὶ ᾿Ιωσῆς καὶ Σίμων καὶ ᾿Ιούδας;

    Mat 13:55
    Stephens 1550 Textus Receptus
    OUCH [not] HOUTOS [this] ESTIN [is] HO [the] TOU [of the] TEKTONOS [carpenter] HUIOS [son] OUCHI [not] HE [the] METER [mother] AUTOU [of him] LEGETAI [called] MARIAM [Mary] KAI [and] HOI [the] ADELPHOI [bretheren] AUTOU [of him] IAKOBOS [James] KAI [and] IOSES [Joses] KAI [and] IOUDAS [Judas]?

    Kata bretheren berasal dari bahasa Yunani ADELPHOI atau ADELPHOS.

    Berdasarkan Strong's Hebrew-Greek Dictionary dijelaskan definisi ADELPHOS sebagai berikut :
    ἀδελφός
    adelphos
    (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote:
    1) a brother, whether born of the same two parents or only of the same father or mother
    2) having the same national ancestor, belonging to the same people, or countryman


    Note :
    Jika manuskrip aslinya dalam Mat 13:55 memakai kata ADELPHOS maka itu menjelaskan bahwa Maria mempunyai anak-anak kandung yang lain setelah Yesus.

    Sama halnya dengan Luk 8:19.
    Luk 8:19 KJV
    Then came to him his mother and his brethren [ADELPHOS], and could not come at him for the press.

    Lain halnya kalau ditulis memakai AGAPETOS, maka boleh Yakobus, Yoses dan Yudas dianggap sebagai saudara-saudara seiman.

    Contoh :
    1Co 10:14 GNT
    Διόπερ, ἀγαπητοί μου, φεύγετε ἀπὸ τῆς εἰδωλολατρίας.

    1Co 10:14 KJV
    Wherefore, my dearly beloved [AGAPETOS], flee from idolatry.

    Tetapi jika memakai kata ADELPHOS maka itu artinya adalah saudara-saudara kandung. Karena kata ADELPHOS berasal dari kata DELPHUS yang artinya "rahim".

    Jadi ADELPHOS adalah "saudara-saudara serahim".

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  30. Terimakasih pak atas penjelasannya. Sebelumnya saya minta maaf karena terkesan ofensif dalam blog ini. Lagian ini kan blog bapak, tahu2 saya masuk, tanpa permisi, langsung memberikan opini-opini, yang ternyata juga kurang dapat bapak terima.

    Sekali lagi, saya tidak bermaksud ofensif disini. Saya hanya ingin mengkaji pendapat yang bapak kemukakan karena diatas bapak juga memuat pengajaran katekisme katolik, yang kemudian secara sepihak (menurut saya) bapak tafsirkan bahwa seakan-akan orang katolik tidak mengetahui (atau mungkin tidak mau tahu) kebenaran yang bapak sampaikan.

    Perlu saya sampaikan, saya bukan katolik. Latar belakang saya Pantekosta, kemudian protestan. Dan terakhir saya sedang belajar mengenai kekristenan orthodox ritus timur, yang sebenarnya ada juga berseberangannya dengan kekristenan ritus barat (katolik).

    Adapun dalam ritus timur, Maria memiliki tempat yang tinggi, sejajar dengan para rasul, atau bahkan bisa dikatakan lebih tinggi karena perannya sebagai "Theotokos", yang melahirkan Allah. Maksudnya, Maria sebagai Hawa yang kedua, seperti halnya Mosiah adalah Adam yang kedua, pasti tidak sembarangan dipilih oleh Allah, dan juga pasti tidak menjalani hidup yang biasa saja seperti kebanyakan manusia yang kawin dan beranak pinak. Hikmat dari timur ini, menurut saya, memiliki makna theologis yang cukup mendalam.

    Kekristenan ritus timur memandang, sama seperti rekannya di barat, bahwa Maria tetap perawan sampai akhir hayatnya. Mengenai devosi kepada Maria, Maria sebagai mediatrix, Maria ratu surga, mungkin saya tidak punya otoritas untuk menjawabnya karena itu sudah bagian rekan dari barat (katolik) untuk menjawabnya. Saya juga tidak akan menyerang apa yang mereka percayai. Saya juga tidak akan menyerang apa yang bapak percayai bahwa Maria kawin dengan Yusuf setelah kelahiran Yesus, atau bahwa Yakobus adalah adik kandung Yesus. Itu terserah bapak.

    Yang hendak saya share disini adalah kepercayaan gereja purba yang telah terpelihara selama hampir 2000 tahun dan tetap bertahan hingga kini, yang kurang diketahui oleh sebagian besar umat kristen di Indonesia karena, seperti yang kita tahu, kekristenan di Indonesia datang dari barat, bukan dari timur.

    Mengenai hal bahwa Yesus memiliki saudara, ada baiknya bapak mencoba mengkaji sejarah yang saya sampaikan diatas, karena walau bagaimanapun sejarah tetaplah sejarah. Ide bahwa Yesus mempunyai saudara kandung datang dari Helvidius. Jadi, ini memang cerita lama. Mereka yang dididik di seminari sedikit banyak tahu akan hal ini, dan merasa tidak perlu berkomentar karena toh Helvidius tidak meneruskan teorinya tersebut. Jadi untuk apa diteruskan? Pada masa itu gereja masih satu, sebelum terjadinya skisma besar antara timur dan barat di abad 10. Jadi pandangan ritus barat dan timur serupa dalam hal ini. Baru 11-12 abad kemudian setelah terjadinya reformasi di barat, isu ini muncul kembali, tentunya oleh kaum protestan dan ratusan pecahan denominasinya.

    Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai share saya ini. Jika bapak mengijinkan pendapat ritus timur untuk dibahas disini, saya akan coba berikan. Kalu bapak tidak bersedia, saya juga tidak akan memaksa. Kurang lebihnya, saya mohon maaf.

    Peace man :)

    Shalom.

    ReplyDelete
  31. Shalom Mikhail,

    Sorry yah saya nimbrung saya punya firasat anda kasih komentar pakai ID palsu, itu mau berdebat apa bukan di sini?
    Kalau mau kasih komentar tunjukan muka dan identitas aslimu.

    Anda mau percaya Firman Tuhan yang di dalam alkitab apa ajaran / doktrin manusia ? Mana yang anda lebih percaya atau junjung ?
    Aneh, mengaku bukan Katolik berdebat Maria itu masih perawan.

    ReplyDelete
  32. Shalom kamperwangi,

    Sebenarnya artikel ini adalah untuk semua orang, bukan untuk sekelompok orang. Karena itu saya set formatnya agar dapat dibaca untuk semua orang.

    Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan Anda, hanya saja sebelum berdiskusi sebaiknya Anda mengenalkan siapa diri Anda terlebih dahulu.

    Lalu mengenai artikel ini :
    Anda mengatakan bahwa saya secara sepihak menafsirkan.

    Kalimat ini sebenarnya kurang tepat. Sebenarnya saya bukan menafsirkan tetapi memberikan fakta bahwa doktrin pengajaran di gereja Roma Katolik yang mengajarkan bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus, dan tidak mempunyai anak-anak dari Yusuf adalah salah.

    Mengapa?

    Karena jika kita melihat dari arti kata dalam bahasa aslinya : ADELPHOS artinya adalah "saudara-saudara satu rahim". Dan ini adalah fakta tertulis bukan tafsiran.

    Jika terjadi pertentangan antara doktrin gereja dengan firman Tuhan, menurut Anda, manakah yang harus diutamakan lebih dulu?

    Tuhan Yesus mengatakan :
    Joh 17:17 KJV
    Sanctify them through thy truth: thy word is truth.

    Joh 17:17
    Stephens 1550 Textus Receptus
    HAGIASON [sanctify] AUTOUS [them] EN [through] TE [the] ALETHEIA [truth] SOU [of You] HO [the] LOGOS [word] HO [the] SOS [of You] ALETHEIA [truth] ESTIN [is]

    Firman Tuhan adalah ALETHEIA [truth].
    Doktrin gereja tidak dapat disebut sebagai ALETHEIA [truth]

    Jadi kalau ada doktrin gereja yang bertentangan dengan ALETHEIA [truth] maka sudah seharusnya kembali ke LOGOS [the Words of God]

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  33. Shalom kamperwangi,

    Sangat disayangkan jika Anda yang dulu berakar dari jemaat yang Alkitabiah kini berubah menjadi berjemaat yang mencampurkan tradisi/doktrin manusia dengan firman Tuhan.

    Sebenarnya secara garis besar saya dapat mengatakan bahwa Roman Catholic dengan Eastern Orthodox adalah berakar dari akar yang sama yaitu Catholic Church.

    Berikut ini saya kutip dari Encyclopedia :

    Catholic is an adjective derived from the Greek adjective καθολικός (katholikos), meaning "whole" or "complete". In the context of Christian ecclesiology, it has a rich history and several usages. For Roman Catholics, the term "Catholic Church" refers to the Church, both Western (Western Catholic Church) and Eastern (Eastern Catholic Church), in full communion with the Bishop of Rome.

    The Roman Catholic Church, both in its Western form and in that of the Eastern form, always considered itself to be the Catholic Church. The Eastern Orthodox Church also identifies itself as Catholic , as in the title of The Longer Catechism of the Orthodox, Catholic, Eastern Church. This Church and also Oriental Orthodoxy and the Assyrian Church of the East all see themselves as the "one holy catholic and apostolic Church" of the Nicene Creed 381 AD.


    Jadi, karena berakar dari sumber yang sama, tidak heran ada beberapa doktrin pengajaran yang sama. Salah satu contohnya adalah tentang asumsi bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus.

    Kembali ke sejarah, sebenarnya setelah kematian kaisar Diocletian yang banyak menganiaya umat Kristen, maka Roman Empire dipimpin oleh kaisar Constantine.

    Melalui kaisar Constantine ini dikeluarkan keputusan yang dikenal sebagai Edict of Milan 313 AD tentang religious tolerance.

    Melalui Edict of Milan ini maka banyak penyusupan budaya-budaya berhala ke dalam gereja. Seperti :

    1. Tahun 300 AD…Gereja mulai mendoakan orang mati.
    2. Tahun 300 AD…Pemakaian tanda salib.
    3. Tahun 375 AD…Pemujaan terhadap orang-orang kudus dan malaikat.
    4. Tahun 431 AD…Pemujaan kepada Bunda Maria.
    5. Tahun 500 AD…Pendeta mulai memakai pakaian yang berbeda dari orang awam.
    6. Tahun 526 AD…Pemakaian minyak suci.
    7. Tahun 593 AD…Doktrin Api Penyucian dikenalkan.
    8. Tahun 600 AD…Khotbah di gereja harus pakai bahasa Latin.
    9. Tahun 600 AD…Semua doa harus ke Bunda Maria.

    Suatu hal yang tidak pernah dilakukan oleh jemaat Kristen mula-mula di Antiokhia.

    Act 11:26 KJV
    And when he had found him, he brought him unto Antioch. And it came to pass, that a whole year they assembled themselves with the church, and taught much people. And the disciples were called Christians first in Antioch.

    Dalam jemaat Kristen mula-mula, Maria hanyalah seorang jemaat biasa. Ia tidak dimuliakan.

    Act 1:13 KJV
    And when they were come in, they went up into an upper room, where abode both Peter, and James, and John, and Andrew, Philip, and Thomas, Bartholomew, and Matthew, James the son of Alphaeus, and Simon Zelotes, and Judas the brother of James.
    Act 1:14 KJV
    These all continued with one accord in prayer and supplication, with the women, and Mary the mother of Jesus, and with his brethren.
    Act 1:15 KJV
    And in those days Peter stood up in the midst of the disciples, and said, (the number of names together were about a hundred and twenty,)

    Dalam Act 1:13-15, kita melihat bagaimana Maria sangat mengerti tentang prinsip berdiam diri.

    1Ti 2:11 KJV
    Let the woman learn in silence with all subjection.
    1Ti 2:12 KJV
    But I suffer not a woman to teach, nor to usurp authority over the man, but to be in silence.

    Apakah dalam jemaat Kristen mula-mula Maria ditinggikan dan dimuliakan seakan-akan derajatnya lebih tinggi dari manusia?

    Tidak!

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  34. Shalom kamperwangi,

    Gereja Purba yang Anda maksudkan di sini adalah gereja yang mana?

    Sebab gereja Roma Katolik baru lahir tahun 313 AD melalui Edict of Milan 313 AD oleh keputusan kaisar Constantine yang disebut sebagai religious tolerance.

    Karena itu diubahlah identitasnya dari CHRISTIANOS (Χριστιανός - follower of Christ) menjadi CATHOLICOS (καθολικός - whole/universal) untuk memenuhi prinsip religious tolerance.

    Kalau Anda mengatakan tahun 313 AD ini adalah gereja purba, eeeiiit....tunggu dulu!

    Lihat lagi ke belakang jemaat Kristen mula-mula pada tahun 30 AD mulai dari Jerusalem sampai di Antioch.

    Kalau melihat jemaat Kristen mula-mula ini maka kita mengetahui bahwa :

    1.
    Mereka memelihara hari Sabbath.
    Act 17:2 KJV
    And Paul, as his manner was, went in unto them, and three sabbath days reasoned with them out of the Scriptures,

    2.
    Mereka mengikuti Tuhan Yesus yang memelihara hari Sabbath.
    Mar 6:2 KJV
    And when the sabbath day was come, he began to teach in the synagogue: and many hearing him were astonished, saying, From whence hath this man these things? and what wisdom is this which is given unto him, that even such mighty works are wrought by his hands?

    3.
    Mereka tidak membaptis bayi melainkan membaptis orang dewasa.
    Act 8:36 KJV
    And as they went on their way, they came unto a certain water: and the eunuch said, See, here is water; what doth hinder me to be baptized?
    Act 8:37 KJV
    And Philip said, If thou believest with all thine heart, thou mayest. And he answered and said, I believe that Jesus Christ is the Son of God.
    Act 8:38 KJV
    And he commanded the chariot to stand still: and they went down both into the water, both Philip and the eunuch; and he baptized him.

    4.
    Mereka tidak memuja Maria, tetapi menerima Maria sebagai manusia biasa. Dan bersama-sama para murid, Maria pun menantikan Roh Kudus.
    Act 1:14 KJV
    These all continued with one accord in prayer and supplication, with the women, and Mary the mother of Jesus, and with his brethren.

    Dan lain sebagainya.

    Jika Anda ingin mengatakan "gereja purba" maka inilah sebenarnya "gereja purba" yaitu jemaat Kristen mula-mula pada tahun 30 AD. Kita dapat memperlajarinya semua dari firman Tuhan yang tertulis.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  35. Shalom kamperwangi,

    Silahkan saja asalkan itu tidak bertentangan dengan firman Tuhan. Sebab kita harus dapat memisahkan mana Words of God dan mana tradition of men.

    Jangan sampai kita ditegur Tuhan karena hanya menjalankan tradition of men.

    Mat 15:3 KJV
    But he answered and said unto them, Why do ye also transgress the commandment of God by your tradition?
    Mat 15:9 KJV
    But in vain they do worship me, teaching for doctrines the commandments of men.

    Mar 7:7 KJV
    Howbeit in vain do they worship me, teaching for doctrines the commandments of men.
    Mar 7:8 KJV
    For laying aside the commandment of God, ye hold the tradition of men, as the washing of pots and cups: and many other such like things ye do.
    Mar 7:9 KJV
    And he said unto them, Full well ye reject the commandment of God, that ye may keep your own tradition.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  36. Baiklah Pak, untuk pembuka pagi ini, mari kita lihat pesan dari Rabb Shaul, di
    2 Thesalonian 2:15, Therefore, brethern, stand fast, and HOLD THE TRADITIONS which ye have been taught, wheteher by word, or our epistle.

    Ada tradisi manusia yang harus ditinggalkan, seperti yang disebutkan oleh Yesus, ada pula yang harus dipelihara dan dipegang teguh seperti yang dipesankan oleh Rasul Paulus.

    Keperawanan Maria adalah salah satu tradisi yang tidak dituliskan secara langsung di PB, namun disiratkan dalam PB, dan juga disampaikan lewat mulut dari para rasul, dari gereja mula-mula sampai sekarang ini, yang dipegang teguh oleh gereja ritus barat dan timur, yang anehnya justru berusaha dihilangkan oleh kaum protestan.

    ReplyDelete
  37. Maaf, ralat. Yang saya maksud adalah Keperawanan Maria setelah melahirkan Yesus.

    Kembali ke masalah istilah biologis dan theologis yang saya ajukan diatas, saya ingintahu pendapat bapak apakah kalimat dibawah ini make sense atau tidak,

    "Nina, teman sekantor saya yang masih perawan itu, sudah jalan 7 bulan mengandung anaknya yang pertama."


    Menurut bapak, apakah kalimat ini bisa diterima?

    ReplyDelete
  38. Shalom kamperwangi,

    Metode yang Anda pakai itu namanya :
    Menginterpretasikan firman Tuhan menurut doktrin Anda pribadi. Ini berbahaya karena dapat membawa Anda kepada false teachings.

    Saat Words of God diinterpretasikan seenaknya sendiri apalagi disesuaikan dengan doktrin kita sendiri, itu namanya : pelanggaran firman Tuhan atau penyelewengan.

    =========================================================

    2Th 2:15 KJV
    Therefore, brethren, stand fast, and hold the traditions which ye have been taught, whether by word, or our epistle.

    Dalam bahasa aslinya di Textus Receptus:
    2Th 2:15
    Stephens 1550 Textus Receptus
    ARA [there] OUN [fore] ADELPHOI [bretheren] STEKETE [stand fast] KAI [and] KRATEITE [hold] TAS [the] PARADOSEIS [traditions] HAS [which] EDIDACHTHETE [ye have been taught] EITE [whether] DIA [by] LOGOU [word] EITE [or] DI [by] EPISTOLES [epistle] HEMON [of us].

    Kata traditions dalam 2Th 2:15 berasal dari bahasa Yunani PARADOSEIS [traditions] yang artinya adalah Jewish traditional Law atau Torah.

    Berikut ini penjelasan detail dari Strong's Hebrew-Greek Dictionary :
    παράδοσις
    paradosis
    (to be read : par-ad'-os-is)
    From paradidōmi ; transmission, that is, (concretely) a precept; specifically the Jewish traditionary law: - ordinance, tradition.


    Jadi Paulus menjelaskan kepada jemaat di Tesalonika : walaupun sudah menjadi pengikut Kristus tetapi tetap harus berpadanan kepada rabbinic law.

    Berikut penjelasan dari Study Bible :
    2Th 2:15 - Until th NT was written, essential Christian teaching was passed on in the "traditions", just as rabbinic law.

    Salah satu contoh penyampaian traditions yang dilakukan Paulus adalah di 1Co 15:3.

    1Co 15:3 KJV
    For I delivered unto you first of all that which I also received, how that Christ died for our sins according to the Scriptures;

    Jadi, jika dalam rabbinic law sama sekali tidak dikenal istilah the mother of Messiah, maka ke-Kristen-an juga sama sekali tidak mengenal istilah tersebut.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  39. Mengenai definisi adelfoi, dalam 1 Kor 15:6, bagaimana bapak mendefinisikan bahwa 500 "saudara" (adelfoi) itu bukan saudara kandung, seperti yang bapak simpulkan dengan Mat 13:55? Apakah karena berdasar jumlah maka yang banyak, menurut definis Thayer jadi saudara dalam arti umum, sedangkan yang sedikit jadi saudara kandung?
    Dalam Markus 10:30, apakah yang dimaksud Yesus dengan seratus kali lipat saudara laki-laki (adelfou), adalah saudara kandung laki-laki?

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  40. Shalom kamperwangi,

    Hehehe...itu namanya ngarang!. Dalam manuskrip bahasa aslinya tidak dikatakan demikian.

    Maria memang perawan sewaktu belum melahirkan Yesus.

    Luk 1:27 KJV
    To a virgin [PARTHENOS] espoused to a man whose name was Joseph, of the house of David; and the virgin's name was Mary.

    Thayer's Greek Definition :
    παρθένος
    parthenos

    Thayer Definition:
    1) a virgin
    1a) a marriageable maiden
    1b) a woman who has never had sexual intercourse with a man
    1c) one’s marriageable daughter
    2) a man who has abstained from all uncleanness and whoredom attendant on idolatry, and so has kept his chastity
    2a) one who has never had intercourse with women
    Part of Speech: noun feminine


    Tetapi setelah melahirkan Yesus, semua orang mengetahui bahwa tentu Maria sudah tidak perawan lagi.

    Kalau Anda mengtakan bahwa Maria tetap perawan [PARTHENOS] setelah melahirkan Yesus, tolong buktikan di mana ayatnya?

    ReplyDelete
  41. Tidak pernah ada istilah perawan secara bilologis dan perawan secara theologis di dalam Alkitab.

    Kalau ada, tolong buktikan ayatnya?

    ReplyDelete
  42. Maaf pak, itu bukan interpretasi saya sendiri, tapi dasar yang dipakai oleh gereja ritus barat dan timur. Jadi kalau dibilang saya menafsirkan alkitab seenaknya sendiri, mungkin lebih baik bapak tujukan kepada kedua ritus tersebut, bahwa mereka sudah menafsirkan seenak sendiri. :)
    Mereka juga punya alasan kalau mengatakan bahwa bapak sudah menafsirkan menurut kehendak bapak sendiri ayat2 yang sudah bapak ajukan. Dalam hal ini saya tidak akan ikut mengatakan demikian karena toh itu hak bapak.

    Di PB ada dikatakan dengan jelas tentang perkataan Elizabeth di Luk 1:43 ..that the mother of my Lord..
    Memang tidak disebutkan istilah mother of Messiah di rabbinic law. Tapi di PB ada.

    ReplyDelete
  43. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tentang 2 definisi ADELPHOS yaitu :

    ἀδελφός
    adelphos (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote:
    1) a brother, whether born of the same two parents or only of the same father or mother
    2) having the same national ancestor, belonging to the same people, or countryman


    Sekarang mari kita baca sesuai konteks!

    Mat 13:55.
    Dalam Mat 13:55 kita mengetahui bahwa Yesus mengajar di rumah ibadat (ayat 54). Lalu orang-orang di Nazareth, kampung halaman-Nya mengatakan :

    Mat 13:55 KJV
    Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren, James, and Joses, and Simon, and Judas?

    Kalau kata brethren di Mat 13:55 ini me-refer ke definisi ADELPHOS yang ke 2 (tentang countryman), kok mengapa hanya James, Joses, Simon dan Judas saja yang disebut?

    Bukankah di rumah ibadat itu juga ada countryman yang lain?

    Karena itu ADELPHOS dalam Mat 13:55 adalah me-refer kepada saudara-saudara kandung Tuhan Yesus.

    1Co 15:6
    Konteks dari 1Co 15:6 adalah menceritakan ketika Yesus menampakkan Diri-Nya dihadapan lebih dari 500 orang. Tentu secara konteks ini adalah ADELPHOS yang ke 2 yaitu countryman.

    ReplyDelete
  44. Saya tidak bertanya tentang istilah itu ada atau tidak dalam alkitab. Saya bertanya kepada bapak, apakah kalimat yang saya beri tanda petik diatas make sense atau tidak.

    ReplyDelete
  45. Ya, itu adalah interpretasi yang dipakai oleh kalangan sendiri di gereja barat (Roma Katolik) dan gereja timur (Orthodox) untuk mendukung doktrin mereka.

    Tapi kalau kita lihat ke Scripture, ternyata firman Tuhan tidak pernah mengatakan seperti itu.

    ReplyDelete
  46. Selama seseorang berjalan sesuai dengan apa yang tertulis di firman Tuhan, maka siapa yang dapat menyanggahnya?

    ReplyDelete
  47. Perkataan yang diucapkan oleh Elisabet adalah perkataan spontanitas. Tetapi jika memlihat dasar-dasar atau fondasi dari Torah dan ajaran Kristus, sama sekali tidak pernah dikenal istilah "the mother of Messiah".

    Tanya :
    Jika Maria dihormati selayaknya "the mother of Messiah" mengapa Maria ikut kumpul dengan para murid menanti Roh Kudus di Act 1:14?

    Bukankah itu artinya Maria juga membutuhkan Roh Kudus?

    ReplyDelete
  48. Pak, pertanyaan saya belum dijawab.

    "Nina, teman sekantor saya yang masih perawan itu, sudah jalan 7 bulan mengandung anaknya yang pertama."

    Menurut bapak, apakah kalimat ini bisa diterima?

    ReplyDelete
  49. Kalau tidak pernah ada istilah "perawan secara biologis" dan "perawan secara theologis" di dalam Alkitab, lalu mengapa saya perlu menjawab pertanyaan yang aneh-aneh dari Anda?

    Buktikan dulu, apakah ada ayatnya di Alkitab atau tidak? Baru saya akan jawab pertanyaan Anda!

    Kalau tidak ada tertulis di Alkitab istilah "perawan biologis" dan "perawan theologis", maka tidak usah ditambah-tambah.

    Harap diingat :
    Jika firman Tuhan sudah memberikan tanda TITIK, jangan diubah menjadi KOMA dan ditambahkan kalimat yang lain.

    ReplyDelete
  50. Tunjukkan dulu, di mana ada ayat di Alkitab yang mengatakan bahwa Maria adalah perawan secara theologis?

    Kalau Alkitab sudah memberi tanda titik, jangan diubah menjadi tanda koma.

    Kalau Alkitab saja tidak memberikan buktinya, untuk apa saya menjawab pertanyaan Anda?

    ReplyDelete
  51. Pak, untuk kata yang tidak ada dalam alkitab tapi dipercaya menjadi dogma sebenarnya banyak. Hanya bapak terlalu memaksakannya. Coba kata Trinitas, apakah ada ayat dalam alkitab yang mengatakan 'tirinitas'? Jika tidak ada, kenapa bapak percaya trinitas? (saya asumsikan bapak bukan saksi Yehova atau unitarian).

    Tentu saja tidak ada kata 'perawan secara theologis' dalam alkitab, seperti yang bapak terus tanyakan. Namun, bapak juga belum menjawab apakah kalimat dalam tanda petik yang saya berikan diatas masuk akal atau tidak.
    Saya coba tebak dilema yang bapak hadapi. Jika bapak menjawab "masuk akal", bapak akan mendapat tentangan dari orang yang berbahasa Indonesia karena tidak mungkin ada perawan tapi mengandung. Jika bapak menjawab "tidak masuk akal" maka bapak akan mendapat tantangan dari iman bapak sendiri yang percaya kelahiran perawan. :)
    Is it the problem?
    Karena itulah, maka saya membatasi kelahiran perawan ini dalam istilah theologis, karena pasti Virgin Birth adalah khas milik kekristenan, yang tidak ada duanya di kepercayaan atau ranah lain. Tapi tampaknya bapak belum bisa melihatnya.

    Setelah saya konsultasikan dengan Kamus umum bahasa Indonesia karangan w j s poerwadarminta keluaran balai pustaka, halaman 441, entry 12, istilah saudara sekandung adalah saudara seibu sebapa. Dari awal bapak buka thread ini sebenarnya sudah cukup fatal kesalahannya. Jika Yesus punya saudara kandung, berarti dia dan saudara sekandungnya adalah satu bapa, dalam hal ini, seperti teori bapak, adalah Yusuf. Dalam bahasa Indonesia, saudara yang beda bapa adalah saudara tiri, seperti Ishak dan Ismail. Demikian juga seharusnya Yesus tidak pernah mempunyai saudara kandung karena BapaNya adalah Allah sendiri. Kecuali kalau bapak punya punya kepercayaan lain.

    Jika bapak terus memaksa dimana dalam alkitab Maria masih tetap perawan, saya coba mulai dengan Yoh 19:26, dimana Yesus menyerahkan Maria kepada Yohanes. Coba bapak bayangkan kenapa kira-kira Yesus menyerahkan Maria sebagai ibu Yohanes? Kenapa tidak kepada Yakobus, Yoses, Simon, dan Yudas yang bapak klaim adik kandung (adik satu ayah satu ibu, dalam definisi bahasa Indonesia) dari Yesus. Coba bapak berikan skenario yang logis kenapa sampai terjadi Yesus menyerahkan Maria kepada Yohanes, yang sampai wafatnya beliau tinggal bersama Yohanes, bukan Yakobus, yang belakangan menjadi rasul, yang bapak klaim sebagai saudara kandung Yesus.

    Terimakasih sebelumnya.

    God bless

    ReplyDelete
  52. Joh 10:30 KJV
    I and my Father are one.

    1Jn 5:7 KJV
    For there are three that bear record in heaven, the Father, the Word, and the Holy Ghost: and these three are one.

    Ada bukti ayat firman Tuhan yang membuktikan tentang Trinitas.

    Sekarang gantian saya tanya kepada Anda, karena saya sudah menjawab pertanyaan Anda :

    Di mana ada bukti di Alkitab yang membuktikan bahwa Maria tetap perawan setelah Yesus lahir?

    ReplyDelete
  53. Bapak belum menjawab kenapa Yesus menyerahkan Maria kepada Yohanes
    :)

    ReplyDelete
  54. Ini namanya pemaksaan ayat agar klop dengan doktrin Anda!

    Joh 19:26 KJV
    When Jesus therefore saw his mother, and the disciple standing by, whom he loved, he saith unto his mother, Woman, behold thy son!

    Ayat ini tidak membuktikan bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus!

    Mengapa Yesus menyerahkan Maria kepada Yohanes?
    Yohanes adalah murid yang paling dipercaya oleh Yesus dan juga paling dikasihi oleh Yesus.

    Jadi Yesus menyerahkan pemeliharaan Maria kepada Yohanes.

    Sekali lagi saya tanya :
    Di mana ayat yang membuktikan bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus?

    ReplyDelete
  55. Kalau tidak ada bukti ayat firman Tuhan-nya maka tidak perlu mengada-ada dengan istilah "perawan theologis"...hehehehe...ada-ada saja.

    Nanti orang-orang komunis pun bikin istilah "perawan secara komunis".
    Orang Islam akan bikin istilah "perawan secara Islamis".
    Orang Buddha akan bikin istilah "perawan secara Buddhis" dan lain sebagainya.

    Jangan mengada-ada, kamperwangi.

    Dalam blog ini, kita berdiskusi tenang materi firman Tuhan.

    ReplyDelete
  56. Jadi karena Anda tidak dapat menunjukkan di mana ayat yang membuktikan bahwa Maria tetap perawan setelah melahirkan Yesus, dan juga tidak ada istilah "perawan theologis" dalam Alkitab...maka saya juga tidak perlu menjawab pertanyaan Anda.

    ReplyDelete
  57. Coba renungkan, jika Yesus punya adik, sekalipun Ia sangat mengasihi Yohanes, kepada siapakah Ia akan menyerahkan pemeliharaan IbuNya, yang adalah darah dagingNya sendiri? Dia masih punya darah daging yang lain. Dia pasti punya alasan kenapa tidak menyerahkan ibunya kepada adik2nya. Adakah dia sangat membenci mereka? Tentu saja tidak mungkin karena sekalipun ia ditolak oleh saudara, yang bapak klaim sebagai adik kandung, jika Ia memilih menyerahkannya kepada Yohanes, pasti ada sesuatu. Pasti akan timbul paradoks dalam FirmanNya karena Dia tidak mempercayai/mengasihi adik, yang adalah darah dagingnya sendiri. Masalah ini akan timbul dan berbuntut panjang jika demikian halnya.
    Atau, alternatif kedua, karena memang Dia tidak punya saudara kandung.

    Baiklah saya ganti pertanyaannya. Dimanakah bapak pernah mendengar tentang "Kelahiran dari seorang Perawan". Mungkin ini lebih simpel untuk bapak mengerti, karena dari tadi bapak selalu meminta "tunjukkan ayatnya" :)

    O ya pak, bagaimana dengan istilah "saudara kandung" dalam bahasa Indonesia? Apakah bapak terima masukan saya, atau bapak tetap pakai istilah "saudara kandung"? :)
    Silakan bapak pake kata "adelpoi" dalam bahasa Yunani. Tapi tentunya kata "adelpoi" ini tidak tepat diterjemahkan menjadi "saudara kandung" karena dalam bahasa Indonesia, kandung berarti seibu sebapa.

    ReplyDelete
  58. Terimakasih pak atas kehormatan yang bapak berikan kepada saya sebagai pemaksa doktrin. Sekali lagi itu sikap gereja barat dan timur. Jadi saya kembalikan kemuliaan kepada mereka.
    :)

    ReplyDelete
  59. Setahu saya sewaktu Yesus ditangkap, semua murid pada melarikan diri. Yang tinggal hanyalah Yohanes dan Maria. Itu sebabnya Yesus berpesan kepada Yohanes.

    Selain itu Yudas (adik kandung Yesus) yang juga menulis surat Yudas, saat itu belum menerima Yesus sebagai Tuhan dan Mesias.

    Silahkan baca ulang urutan kronologisnya lagi.

    ReplyDelete
  60. Dari nubuat nabi Yesaya :

    Isa 7:14 KJV
    Therefore the Lord himself shall give you a sign; Behold, a virgin shall conceive, and bear a son, and shall call his name Immanuel.

    Dan digenapi di :

    Mat 1:23 KJV
    Behold, a virgin shall be with child, and shall bring forth a son, and they shall call his name Emmanuel, which being interpreted is, God with us.

    Luk 1:27 KJV
    To a virgin espoused to a man whose name was Joseph, of the house of David; and the virgin's name was Mary.

    ReplyDelete
  61. Terima kasih juga atas saran-saran yang tidak Alkitabiah-nya.

    Kata ADELPHOS [ἀδελφός] berasal dari akar kata DELPHUS [ δελφύς] yang artinya adalah WOMB atau RAHIM.

    Jadi Mat 13:55 menjelaskan siapa saudara-saudara kandung Yesus itu.

    Memang firman Tuhan ini bertentangan dengan doktrin gereja Anda. Tetapi ingat, Anda menyembah Tuhan dan firman-Nya, bukan menyembah gereja dan doktrinnya.

    Mat 15:9 KJV
    But in vain they do worship me, teaching for doctrines the commandments of men.

    Sia-sia beribadah kepada Tuhan, tetapi hanya melakukan doktrin manusia/doktrin gereja.

    Joh 4:24 KJV
    God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth.

    Anda harus belajar menyembah-Nya di dalam kebenaran firman Tuhan, bukan di dalam doktrin manusia/doktrin gereja.


    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  62. Kalimat Anda saja sudah salah. Kemuliaan hanya ditujukan kepada TUHAN, bukan kepada gereja/institusi.

    Berikut ini saya kutip dari Yudas, adik kandung Tuhan Yesus :

    Jud 1:25 KJV
    To the only wise God our Savior, be glory and majesty, dominion and power, both now and ever. Amen.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  63. "Setahu saya sewaktu Yesus ditangkap, semua murid pada melarikan diri. Yang tinggal hanyalah Yohanes dan Maria. Itu sebabnya Yesus berpesan kepada Yohanes."

    Wah, kalo gitu Yesus kepepet donk?
    Anak Allah bisa kepept gitu?
    Coba aja ada adiknya, pasti dah dikasikan ke adiknya.. :D

    ReplyDelete
  64. Shalom kamperwangi,

    Strong's Hebrew-Greek Dictionary mengatakan :
    ἀδελφός
    adelphos (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.


    Silahkan terjemahkan sendiri ke bahasa Indonesia.

    ReplyDelete
  65. Hehehehe...itu namanya pemaksaan doktrin.

    Mari lihat bukti berikut ini.

    Isa 7:14 KJV
    Therefore the Lord himself shall give you a sign; Behold, a virgin [‛almâh] shall conceive, and bear a son, and shall call his name Immanuel.

    Strong's Hebrew-Greek Dictionary :
    עלמה
    ‛almâh (to e read : al-maw')
    Feminine of ‛elem ; a lass (as veiled or private): - damsel, maid, virgin.


    Kata virgin di Isa 7:14 berasal dari bahasa Ibrani ‛almâh, yang artinya adalah : perawan, anak dara, yang masih memiliki selaput dara.

    Mat 1:23 KJV
    Behold, a virgin [parthenos] shall be with child, and shall bring forth a son, and they shall call his name Emmanuel, which being interpreted is, God with us.

    Strong's Hebrew-Greek Dictionary :
    παρθένος
    parthenos (to e read : par-then'-os)
    Of unknown origin; a maiden; by implication an unmarried daughter: - virgin.


    Dalam bahasa Yunani adalah parthenos yang artinya adalah perawan, gadis dara, yang masih memiliki selaput dara.

    Apakah ini arti "perawan secara theologis" atau "perawan secara biologis"?

    Baik ‛almâh maupun parthenos menjelaskan definisi "perawan secara biologis".

    Hehehehe...jangan mengarang seenaknya saja, kamperwangi. Tetapi lihat definisi nya secara benar.

    ReplyDelete
  66. Hahahaha......penjelasan yang panjang lebar, tetapi penjelasan akhirnya yang konyol (maaf).

    Dalam studi pemahaman firman Tuhan, tidak dikenal cara yang Anda pakai, yaitu memakai pengandaian-pengandaian.

    Dalam menginterpretasikan ayat-ayat firman Tuhan dikenal apa yang disebut :
    The First Step of Interpretation yaitu : The first step in interpreting the Scriptures is to discover the author, the people addressed, and the life and times of the people involved in a given case.

    Lalu bagaimana dengan The Use of The Language yaitu :
    In order to understand the Scriptures one must know the use of language: the grammar, the specific meaning of words, and the fundamental laws of speech especially the principles which are characteristic of the Scriptures.

    I. A knowledge of the use of language is important because:

    1. Intelligible language expresses a logical process of the mind.
    2. There are certain definite fixed laws of the mind according to which all normal persons think and act.

    1. (Examples) laws of observation
    2. laws of deduction
    3. laws of inspiration etc.


    3. language either written or spoken is governed by definite specific laws that are just as real as the laws governing physical matter.


    1. (for example) Laws governing the uses of metals, and those controlling the explosion of gases and directing of electrical energy are employed in the construction of an automobile motor; if these basic Laws are ignored the motor will be a failure.

    2. In the study of the Scriptures, if the basic laws of language and interpretation are ignored, or are not employed, the message God intended to convey may be misunderstood or misinterpreted in part or in whole.



    II. In the Bible, which is God's revelation to man, the thought and also the very words by which the ideas were expressed in the original tongues were given infallibly by he Holy Spirit of God.

    1. In the Scriptures the Lord said exactly what He meant and meant just what He said.

    2. The prophets and apostles spoke and wrote in the language of the people to whom the ministered.

    3. The Lord had a very definite idea to convey whenever He made a statement.

    4. A careful and honest appraisal of any statement found in the Scriptures will reveal that it has a definite and specific meaning; and a solemn and sincere purpose should be exercised to learn exactly what is said in the Scriptures and to arrive at the precise idea of the inspired writer.


    Berikutnya, adalah The Golden Rule of Interpretation yaitu :
    When the plain sense of Scripture makes common sense, seek no other sense; therefore, take every word, at its primary, ordinary, usual, literal meaning unless the facts of the immediate context, studied in the light of related passages and axiomatic and fundamental truths, indicate clearly otherwise.

    Kalau Anda memahami ini semua, maka kembali ke Mat 13:55 :

    Mat 13:55 KJV
    Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren [adelphos], James, and Joses, and Simon, and Judas?

    Mengapa yang disebutkan bretheren [adelphos] hanya James, Joses, Simon dan Judas?

    Mengapa orang-orang banyak di rumah ibadah saat itu tidak disebutkan?

    ReplyDelete
  67. Di Isa 7:14, Mat 1:23 semuanya berbicara tentang definisi "perawan secara biologis".

    Silahkan baca definisinya dalam bahasa aslinya. Jangan membuat istilah sendiri "perawan secara theologis", nanti akan muncul "perawan secara matematis"..."perawan secara sosialis" dan lain sebagainya ...hahaha......ada-ada saja.

    ==========================================================

    Lalu bagaimana hubungan Yusuf dan Maria?

    Mat 1:18 KJV
    Now the birth of Jesus Christ was on this wise: When as his mother Mary was espoused to Joseph, before they came together, she was found with child of the Holy Ghost.

    Sebelum melahirkan Yesus, memang Yusuf dan Maria tetap tidak berhubungan. Tetapi setelah melahirkan Yesus, Alkitab mengatakan setelah melahirkan Yesus mereka hidup sebagai suami isteri.

    ReplyDelete
  68. Hehehe...baca dengan benar Eph 1:22-23, apakah itu memberikan kemuliaan kepada Yesus atau kepada institusi gereja?

    Malu, ah kalau salah mengartikan.

    Kalimat : And hath put all things under his feet artinya adalah memberikan kemuliaan kepada Yesus.

    Lalu kalimat ini : and gave him to be the head over all things to the church
    , itu artinya memberikan penghormatan kepada Yesus.

    Bukan kepada mbah-mbah di gereja.

    ReplyDelete
  69. Hai Chriswillard,

    Ya, nama saya palsu. Sepalsu diri saya, hahahaha... :D
    Becanda doang.
    Saya suka nama Mikhail Kalashnikov. Tahu siapa dia?
    Penemu senapan serbu dari Rusia, AK-47 yang terkenal itu. :)

    Terimakasih atas copy-paste nya. Kalo boleh tolong disebutkan pengarang site tersebut, yang mengatakan bahwa orang katolik "follow blindly" dogma tersebut. Mungkin saja dia tidak punya akses ke arsip-arsip gereja baik orthodox ataupun katolik, jadi tidak bisa riset mengapa ada dogma bahwa Maria tetap perawan sampai hari terakhir hidupnya diatas bumi ini.

    Coba sekarang Chris masukkan ke akal pertanyaan ini:

    Kenapa Yesus menyerahkan Maria kepada Yohanes?
    Apakah karena kepepet murid-muridNya dan adikNya pada lari?
    Coba direnungkan.

    Kalo karena kepepet murid dan adikNya pada lari, bukankah nanti setelah kebangkitanNya saja dia bisa serahkan Maria kepada adikNya? Tunggu saja sampe Dia bangkit lagi, lalu Dia serahkan saja Maria kepada adik2Nya sebelum Dia naik ke Sorga, karena pasti mereka akan percaya. Toh Dia terbukti bangkit dari kematian? Betul gak? Nah, terus nanti kekristenan jadi agama keluarga dong? Nepotisme... Abis Yesus, Yakobus. Terus anaknya Yakobus, terus cucunya Simon, atau ponakannya Yudas. Dan jadilah kisah "Dinasti Yesus ke 2" seperti karangan James Tabor yang tersohor itu.

    Atau karena adik-adikNya pada tidak menerima Dia sebagai Mesias? Lalu Dia kepahitan dengan mereka? Terus dikasih Yohanes saja karena Yohanes murid yang paling dikasihi?
    Masak karena kepahitan terus putus hubungan keluarga sama adik2 Nya? Trus gimana dia melaksanakan ajaranNya sendiri? Ataukah Dia sedang mempraktekkan ucapanNya dulu, "Barangsiapa tidak membenci keluarganya, ibunya, saudara2nya (adelpos kali), tidak layak mengikut Aku"?.
    Tapi koq kayaknya tidak ya? Buktinya Dia masih ingat Maria, bakal gak ada yang ngurus abis Dia dimuliakan. :)

    Coba dulu direnungkan :)

    Saya sertakan sebuah kutipan dari Santo Epiphanius dari Cyprus, yang judulnya Panarion, halaman 78. Disana disebutkan bahwa Yakobus dan saudara2nya yang lain yang disebutkan di PB adalah anak-anak Yusuf, tunangan Maria, yang pada saat itu adalah seorang duda dari istri pertamanya yang sudah meninggal. Jadi bisa dimengerti kan kenapa Yusuf hanya terlintas sebentar di ke 4 injil? Karena dia sudah berusia cukup tua, dan pada saat Yesus memulai pelayananNya, kemungkinan besar beliau sudah wafat.

    Tidak percaya karena ini bukan Firman Tuhan dan tidak tertulis di Alkitab? Ya itu pilihan anda. Kalo pak Andre sih sudah terang-terangan menyatakan tidak percaya kepada semua yang tidak berlandaskan Alkitab. Jadi ya saya tidak bisa memaksa. Itu kan kepercayaan orang. Tapi jangan lantas mengata-ngatai saya sebagai "pemaksa doktrin". Justru kebalik tuh, dia yang maksain doktrinnya kepada orang ritus barat dan timur dan dengan percaya dirinya mengatakan bahwa Maria sudah tidak perawan lagi. :)
    Betul begitu pak Andre?

    Silakan anda cek juga tentang riwayat Helvidius dan Santo Jerome yang sudah berulangkali saya berikan diatas, tapi tampaknya tidak hendak dikomentari pak Andre.
    Cari saja di wikipedia, atau google, atau Yahoo. Pasti nongol.

    Saya cuma memberikan saran, sebagai orang beriman dan percaya Firman Tuhan, janganlah sampai kita buta sejarah. Jangan sampai dalam "menguji segala sesuatu" seperti pesan Rasul Paulus, kita hanya membuka telinga pada satu sumber saja, kemudian mengabaikan sumber-sumber lain. Se anti-pati nya kita kepada gereja-gereja yang lebih tua, janganlah itu membuat kita jadi gelap mata, kehilangan akal sehat untuk menimbang. Selidikilah segala sesuatu lebih dahulu. Diskusilah dengan 'musuh' Mu. Bukankah itu salah satu pesan Tuhan juga?

    Kiranya berkat dan kasih Allah menyertai anda sekalian.

    Be Shem Ha Av, ve Ha Ben, ve Ruakh Ha Kodesh, Elohim Echad.

    Amen.

    ReplyDelete
  70. Hi kamperwangi atau kamperbau
    Tunjukkan muka kamu dulu dan identitas yg benar, jangan ngomong asal ngawur, sebelum saya jawab pertanyaannya.
    Ngomong kemana diputar kemana.
    Walaupun saya copy paste saya tahu apa yg dimaksud dengan Firman Tuhan, jangan main asal ngomong tetapi Firman Tuhan tidak dijunjung tinggi, main percaya dengan church dogma, ngaku bukan Katolik berpikirannya seperti org Katolik, penipu tetaplah penipu seperti dirimu.

    PS :
    Andre, jangan diladenin orang seperti ini, kita kibaskan debu dari kaki kita saja dan jangan berikan mutiara (Firman Tuhan) kepada babi, karena binatang kotor itu akan menginjak-nginjaknya.

    ReplyDelete
  71. Sudah berulang kali saya tulis! Rupanya dilewatkan begitu saja. Ini ibaratnya berdiskusi dengan orang yang tidak "mudeng".

    Mat 13:55 KJV
    Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren, James, and Joses, and Simon, and Judas?

    Tanya :
    Kenapa yang disebut cuma James, Joses, Simon dan Judas?
    Kenapa yang lain tidak disebutkan, padahal itu ada di publik?

    ReplyDelete
  72. Silahkan saja Anda percaya kepada doktrin yang sesat tersebut. Tetapi kalau Anda belajar dari Study Bible, dijelaskan detail bahwa Maria mempunyai anak-anak kandung dari Yusuf...hehehehe.

    Saran :
    Silahkan Anda selidiki apa yang tertulis di Mat 13:55 dalam Study Bible King James Version. Penjelasan apa yang tertera disitu.

    Itu adalah salah satu bukti nyata bahwa doktrin institusi Anda bertentangan dengan apa yang tertulis dalam bahasa aslinya Mat 13:55.

    Maaf, ya.

    ReplyDelete
  73. Hehehe...jelas Anda tidak mengerti apa arti ADELPHOS. Wong Anda baru tahu arti ADELPHOS itu sekarang ini.

    Karena kaget, maka Anda berusaha tetap memaksakan doktrin Orthodox Anda. Padahal doktrin tersebut bertentangan dengan firman Tuhan.

    Mau tanya nih...jika doktrin gereja bertentngan dengan firman Tuhan, menurut Anda, mana yang harus didahulukan?

    ReplyDelete
  74. Hanya manusia bodoh yang mengatakan bahwa Maria tetap perawan sampai akhir hidupnya.

    Jika Yesus sudah lahir, apakah Maria masih tetap perawan? Hehehe...ada-ada saja.

    Setelah itu, memaksakan membuat doktrin sendiri bahwa perawan yang dimaksud adalah "perawan theologis".

    Itu namanya : sudah sesat menuju ke kesesatan yang lain.

    Memang benar apa nubuat Yohanes di Rev 22:11. Yang sesat akan semakin sesat. Tetapi yang kudus akan semakin kudus.

    Rev 22:11 KJV
    He that is unjust, let him be unjust still: and he which is filthy, let him be filthy still: and he that is righteous, let him be righteous still: and he that is holy, let him be holy still.

    ReplyDelete
  75. Terbukti bahwa Anda buta sama sekali akan firman Tuhan.

    Tahukah Anda siapa yang tetap berada dengan Yesus saat dia ditangkap, dianiaya dan disalib?

    Cuma Maria dan Yohanes! Karena yang lain sudah pada kocar kacir. Bahkan adik-adik kandung Yesus pun menolak Dia.

    ReplyDelete
  76. Shalom kamperwangi,

    Sepertinya Anda sudah dibutakan oleh doktrin-doktrin Orthodox. Sebaiknya Anda lihat apa yang dikatakan firman Tuhan tentang Roman Catholic dan Orthodox.

    Rev 17:4 KJV
    And the woman was arrayed in purple and scarlet color, and decked with gold and precious stones and pearls, having a golden cup in her hand full of abominations and filthiness of her fornication:

    Berdasarkan Joh 3:29 kita mengetahui bahwa mereka yang percaya Yesus adalah the bride.

    Joh 3:29 KJV
    He that hath the bride is the bridegroom: but the friend of the bridegroom, which standeth and heareth him, rejoiceth greatly because of the bridegroom's voice: this my joy therefore is fulfilled.

    Siapakah identitas the bride yang bewarna purple dan bewarna scarlet yang penuh dengan anggur perzinahannya?

    Lihat bukti di bawah ini.



    Yang purple adalah Orthodox dan yang scarlet adalah Roman Catholic.

    Mengapa dalam Rev 17:4 disebutkan bahwa mereka penuh dengan percabulan?

    Pada dasarnya setiap penyimpangandari firman Tuhan adalah termasuk perzinahan/percabulan rohani.

    Saya berdoa semoga Anda menyadarinya.dan kembali ke firman Tuhan, sebelum terlambat.

    Note :

    Rupanya nama asli Anda bukan Mikhail, ya? Sebenarnya ini sudah melanggar sopan santun dan etika berkomunikasi.

    Jika Anda ingin melanjutkan diskusi ini, silahkan perkenalkan nama Anda dan identitas Anda secara jelas.

    Sebagai laki-laki Anda harus gentle. Jangan bersembunyi dibalik identitas yang tidak jelas.

    Jika tidak ada identitas yang jelas, maka, maaf, saya hanya berdiskusi dengan orang yang identitasnya jelas, namanya jelas.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  77. Ya benar Chris.

    Jangan memberikan barang berharga kepada anjing dan jangan memberikan mutiara kepada babi. Seperti ayat berikut ini :

    Mat 7:6 KJV
    Give not that which is holy unto the dogs, neither cast ye your pearls before swine, lest they trample them under their feet, and turn again and rend you.

    Jika tidak ada nama jelas, maka tida ada diskusi.

    Thanks Chris.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  78. Hehehe...kata-kata saya yang mana yang menyebutkan bahwa saya sewot?

    Saya hanya mengatakan : bahwa dalam berdiskusi ada etika nya. Apakah ini yang Anda sebut etika?

    ReplyDelete
  79. Hehehehe...saya dan Christine tidak pernah mengatai Anda. Tetapi firman Tuhan yang menyebutkan hal itu. Coba baca dengan kalimatnya teliti. Apakah kami yang mengatai Anda atau kami hanya mengutip ayat.

    ReplyDelete
  80. Hehehe...silahkan baca ayat berikut ini. Apakah Tuhan Yesus menjaga sikap atau tidak?

    Mar 6:11 KJV
    And whosoever shall not receive you, nor hear you, when ye depart thence, shake off the dust under your feet for a testimony against them. Verily I say unto you, It shall be more tolerable for Sodom and Gomorrah in the day of judgment, than for that city.

    Lalu perkataan Tuhan Yesus yang ini, Anda sebut apa?

    Luk 3:7 KJV
    Then said he to the multitude that came forth to be baptized of him, O generation of vipers, who hath warned you to flee from the wrath to come?

    Terhadap orang-orang yang menolak firman Tuhan, Tuhan Yesus bersikap tegas.

    Terhadap orang-orang yang menolak definisi ADELPHOS dalam bahasa aslinya yang berasal dari kata DELPHUS (RAHIM) lalu mengatakan bahwa Maria tetap perawan, maka kita juga bersikap tegas seperti Tuhan Yesus.

    Apakah itu salah?

    ReplyDelete
  81. Terima kasih, tetapi mohon maaf...firman Tuhan tidak mengatakan seperti itu.

    Bukti :

    Mat 13:55 KJV
    Is not this the carpenter's son? is not his mother called Mary? and his brethren [ADELPHOS], James, and Joses, and Simon, and Judas?

    Strong's :
    ἀδελφός
    adelphos (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.


    Kalau firman Tuhan sudah memberi tanda titik, tidak usah ditambah koma.
    Kalau firman Tuhan sudah menjelaskan bahwa Maria memiliki anak-anak kandung dari Yusuf, tidak usah ditambah-tambah lagi dengan mengatakan bahwa Maria masih perawan.

    Yang aneh siapa ya?

    ReplyDelete
  82. Hehehe...bagaimana bisa? Wong ada tertulis di Rev 17:4 kok siapa sebenarnya Anda itu.

    ReplyDelete
  83. Tapi masih melakukan baptisan bayi kan?...masih menganggap bahwa Maria adalah perawan kan seperti doktrin Katolik?

    Sebenarnya tidak ada beda antara Roman Catholic dengan Orthodox. Dasarnya apa? Baca kembali firman Tuhan di Rev 17:4.

    ReplyDelete
  84. Hebat, sama seperti kisah orang muda yang kaya raya di Mat 19:16-26.

    Hanya satu saja kurangnya : Semua itu tidak membuat kita benar di hadapan Tuhan.

    Mengikut Tuhan Yesus tidak dikenal istilah "merit" yaitu saya dibenarkan karena sudah ini, sudah itu, dan sudah yang lain-lainya.

    Tidak!

    Coba baca lagi apa yang Tuhan Yesus katakan :
    Joh 4:24 KJV
    God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth.

    Menyembah Tuhan di dalam kebenaran-Nya, yaitu kebenaran versi Tuhan. Bukan kebenaran menurut versi Anda dan institusi Anda.

    Ikutin aja firman Tuhan. Jangan mendirikan kebenaran versi sendiri, apalagi sampai menciptakan istilah "perawan secara theologis".

    Ikuti saja firman Tuhan, kata demi kata, arti demi arti, dalam bahasa aslinya. Semua orang bisa. Tidak perlu Sarjana Thelogis yang nantinya mencitakan istilah "perawan secara theologis".

    Hehehehe...lucu.

    ReplyDelete
  85. Hehehe...perkataan Anda bertolak belakang dengan sikap Anda.

    Selama ini yang berkoar-koar dengan istilah "perawan secara theologis" itu siapa? Firman Tuhan tidak pernah memberikan penjelasan "perawan secara theologis", tapi Anda yang membuat tambahan sendiri dengan tujuan agar doktrin kepercayaan Anda itu benar.

    Yang tidak tahu malu itu siapa ya?

    Kalau Anda tahu malu, tunduk saja dengan apa yang tertulis di firman Tuhan. Firman Tuhan itu ada otoritas. Mau tunduk terhadap firman atau tidak?

    Jika firman Tuhan di Mat 13:55 menjelaskan bahwa James, Joses, Simon dan Judas adalah adik-adik kandung Yesus, lalu mengapa Anda masih berbelit-belit menerimanya?

    Siapa yang tidak tahu malu?

    ReplyDelete
  86. Kembali terjadi pelanggaran firman Tuhan.

    Firman Tuhan mengatakan :
    Exo 23:13 KJV
    And in all things that I have said unto you be circumspect: and make no mention of the name of other gods, neither let it be heard out of thy mouth.

    Tapi ternyata name of other gods masih Anda sebut-sebut.

    Ingat dan baca lagi Joh 4:24.

    ReplyDelete
  87. Hehehehe...semua pertanyaan Anda sudah saya jawab. Anda saja yang tidak membacanya dengan teliti.

    Dari awal saya sudah menanyakan tentang Mat 13:55, mengapa hanya James, Joses, Simon dan Judas saja yang disebut?

    Ternyata Anda tidak menjawab pertanyaan saya, hanya mengalihkan pembicaraan kepada hal-hal lain seperti "Jesus Dynasti" dan lain-lain sebagainya.

    Hehehehe....ketauan.

    ReplyDelete
  88. Terima kasih telah mempertegas dan memperjelas kalimat ini. Karena sejak 2000 tahun yang lalu dalam bahasa aslinya arti kata ADELPHOS dalam Mat 13:55 adalah SAUDARA-SAUDARA SATU RAHIM.

    Berasal dari akar kata DELPHUS yang artinya RAHIM.

    Bukti :

    Strong Hebrew-Greek Dictionary

    ἀδελφός
    adelphos (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.


    Mat 13:55 GNT
    οὐχ οὗτός ἐστιν ὁ τοῦ τέκτονος υἱός; οὐχὶ ἡ μήτηρ αὐτοῦ λέγεται Μαριὰμ, καὶ οἱ ἀδελφοὶ αὐτοῦ ᾿Ιάκωβος καὶ ᾿Ιωσῆς καὶ Σίμων καὶ ᾿Ιούδας;

    Hehehe....yang bodoh apakah Strong's Hebrew-Greek Dictionary atau diri Anda?

    Sudah tentu tim ahli bahasa dari Strong's lebih reliable dari pada seorang yang bernama kamperwangi...hehehehe...

    ReplyDelete
  89. Apakah buku "Jesus Dynasti" dapat disebut kebenaran?

    Mari kita lihat apa kata firman Tuhan :
    Joh 17:17 KJV
    Sanctify them through thy truth

    Ternyata tidak tuh...hanya God's Words is Truth. Bukan buku-buku kacangan seperti itu.

    ReplyDelete
  90. Anda masih belum bisa melihat kaitan logisnya ya Pak? :)

    Adududududu... ku tak percaya, mengapa..
    Cinta

    Loh jadinya lagu Hari Moekti era 80 an? :D

    Saya coba sederhanakan deh.

    Kalo Maria punya anak lain, yaitu Yakobus, Simon, Yudas, otomatis akan terjadi dekonstruksi iman, seperti yang terjadi pada teori James Tabor. Mungkin tidak persis seperti alur diatas, namun yang jelas terjadi "shift" dalam pemahaman theologis seseorang. Yesus hanya akan dipandang manusia biasa pada akhirnya, seperti oleh kaum ebyonit diatas. Itukah yang bapak tuju sebenarnya? Tidak kan?

    O ya pak, bukunya James Tabor bukan kacangan. Buktinya bapak gak bisa nulis kayak dia weeeekkk :p

    Anda terus menerus mengajukan kata "adelphos" berarti satu rahim, tapi menolak definisi bahwa ke 500 saudara yang disebut Paulus adalah berasal dari satu rahim. Bagaimana ini? Standar bapak untuk membedakan mana yang satu rahim mana yang bukan saja sangat kabur seperti itu, gimana saya mau jelas?
    Saya tau arti definisi adelphos pak. Gak usah anda ulang2 saya sudah mudheng. Standar yang bapak pakai itu loh yang kabur. Bapak pasti akan menjawab: "Mengapa hanya Yakobus, Simon, Yudas yang disebut?"
    Lha ya mengapa tidak, wong mereka saudara Yesus. Tapi dari mana kita tahu itu saudara kandung atau bukan? Mau pake "anepsios"? Lha memang mereka bukan saudara sepupu Yesus, masa pake "anepsios"?
    Saya sudah kasi batasan bahwa ada tradisi yang mengatakan bahwa mereka adalah anak-anak Yusuf dari pernikahannya sebelumnya. Tapi taruhan berapapun pasti bapak berkelit begitu dengar kata 'tradisi'
    tuiiingggg...
    Nanti pasti bapak muter lagi deh.

    Sodara-sodara..!!! Apa ada yang jelas membaca penjelasan dari pak Andre ini?

    BTW pak, saya kasi tau, tapi janji jangan ketawa ya.
    Isho Msicha, seperti yang bapak komentari :

    "Tapi ternyata name of other gods masih Anda sebut-sebut."

    adalah Seorang yang mengatakan "Talitha, kumi", dan "Ephathah!", dan "Eli! Eli! Lama sebachtani?"
    Itu nama yang semenjak kecil Beliau diopanggil dalam bahasa ibuNya ketika di dunia ini, yaitu bahasa Aram. Jadi bukan nama "dewa-dewa" lain seperti yang bapak bilang. huehuehuehuehue...

    Malu ni yeeee....

    Gak Pak, becanda. Jangan dimasukin ati.

    Makanya saya kaget ketika bapak bilang, "Maaf saya tidak tahu siapa itu"

    Waduh, audzubilah min zalik..

    Jangan-jangan Dia tidak tahu bapak juga? :(

    ReplyDelete
  91. Hi Kamperwangi
    It's sad you admit as one children of God, how lost you're.
    I can tell the way you give your comment here, you don't have an attitude as a Christian.
    You don't like with Andre's teaching, you can keep your belief
    Don't act like a childish, and hide your face!
    Sebagai laki-laki tunjukan mukamu dan bersikap jantan!
    Orang yg berpendidikan tidaklah bersikap sepertimu apalagi banyak orang lain yg membaca komentarmu!

    ReplyDelete
  92. Shalom Chris,

    Memang kita sedang tidak berhadapan dengan seorang yang mempunyai ciri-ciri Biblical Christian. Jadi harap maklum saja Chris.

    Dari semula, niat dia hanyalah ingin mengacau saja. Sudah ketahuan Chris. Hanya saya biarkan saja, karena toh nanti dia yang malu sendiri, melihat sikap dan kelakuannya.

    Keep in His Words Chris.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  93. Hehehe...sampai sekarang Anda tidak pernah menjawab pertanyaan saya.

    Mengapa dalam Mat 13:55 hanya disebutkan James, Joses, Simon dan Judas? Mengapa yang orang-orang yang lain tidak disebutkan? Apakah di rumah ibadat itu hanya ada James, Joses, Simon dan Judas?

    Tidak bisa jawab, kan?

    ReplyDelete
  94. Hehehe...ngawur.

    Baik dalam bahasa Aram ataupun Ibrani, Nama Tuhan adalah sebagai berikut :
    Yeshua Hammashiach.

    Tidak pernah menjadi Isho Msicha.

    Contoh :
    Mat 16:16 KJV
    Thou art the Christ, the Son of the living God. ditulis dalam bahasa Ibrani menjadi : Attah hu hammashiach ben-Elohim chayim.

    ReplyDelete
  95. Itu namanya sok tahu dan tidak mengerti tentang Bible Rules of Interpretation.

    Silahkan baca dulu Part 1 - Part 16 tentang "THE BASIS FOR A CLEAR UNDERSTANDING OF GOD'S WORD"...yang ada di blog saya.

    http://andrewidodo.multiply.com/journal/item/404/THE_BASIS_FOR_A_CLEAR_UNDERSTANDING_OF_GODS_WORD_-_Part_1

    Ada 16 jilid, kalau mau belajar, harap dibaca semuanya sampai Part 16. Nanti baru bahas tentang Mat 13:55.

    ReplyDelete
  96. Hahaha......ternyata Anda mengkorupsi penjelasan detailnya.

    Perhatikan!

    ADELPHOS berasal dari kata DELPHUS (rahim). Mengapa dalam Mat 13:55 hanya disebutkan James, Judas, Simon dan Joses saja padahal di situ banyak orang-orang yang lain?

    Karena mereka (James, Judas, Simon dan Joses) adalah saudara-saudara kandung Yesus.

    Berbeda konteks dengan Act 3:17.

    Lihat konteksnya.

    ReplyDelete
  97. Hahahaha...hebat. Tradisi bisa mengalahkan kebenaran firman Tuhan. Memang benar apa yang dikatakan Tuhan Yesus di Mat 15:9.

    ReplyDelete
  98. Hehehe...memang saya sedang berdiskusi dengan orang yang tidak tahu apa-apa.

    Coba baca DSS bagian Tracate Sotah 49b, apakah benar bahasa populer saat itu adalah bahasa Aram?

    Kalau tidak tahu apa itu DSS, maka saya beri tahu : itu adalah Dead Sea Scroll. Dari pada nanti salah cari, berikut ini saya bagikan sendiri tentang apa yang tertulis dalam DSS :

    Tracate Sotah 49b states that either Hebrew or Greek should be used in Israel, but not Aramaic (the Zohar later picked this up and called Aramaic the "language of the evil force"). Sota 33a and Shabbat 12b both state that "angels do not understand Aramaic."

    Jadi...maaf...penjelasan Anda adalah ngawur.

    Itu bukti dari DSS lho...

    ReplyDelete
  99. Hehehe...apakah mungkin setelah melahirkan masih dapat dikatakan perawan?

    ReplyDelete
  100. Lihat 1Kor 15:6 dengan konteks yang benar. Kemudian Lihat Mat 13:55 dengan konteks yang benar.

    Dalam Mat 13:55 dipakai kata ἀδελφός dengan konteks :
    ἀδελφός
    adelphos (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.


    Menjelaskan bahwa James, Joses, Simon dan Judas merupakan saudara kandung atau δελφύς delphus (the womb)


    Dalam 1Kor 15:6 dipakai kata ἀδελφός dengan konteks :
    ἀδελφός
    adelphos
    Thayer Definition:
    1) a brother, whether born of the same two parents or only of the same father or mother
    2) having the same national ancestor, belonging to the same people, or countryman
    3) any fellow or man
    4) a fellow believer, united to another by the bond of affection
    5) an associate in employment or office
    6) brethren in Christ
    6a) his brothers by blood
    6b) all men
    6c) apostles
    6d) Christians, as those who are exalted to the same heavenly place
    Part of Speech: noun masculine

    ReplyDelete
  101. Hebaat...inilah yang disebut dengan false doctrine. Di mana di Alkitab ada firman Tuhan yang mengatakan bahwa "Mary gave birth to God"?

    Ini lah yang disebut sebagai : menyembah Tuhan tetapi mempraktekkan doktrin manusia, bukan mempraktekkan firman Tuhan.

    Mar 7:7 KJV
    Howbeit in vain do they worship me, teaching for doctrines the commandments of men.

    ReplyDelete
  102. Maaf, saya tidak menafsirkan menurut kehendak saya, tetapi saya membuktikan apa yang sebenarnya tertulis dalam bahasa aslinya.

    ADELPHOS dalam Mat 13:55 artinya : Saudara-saudara kandung Tuhan Yesus, karena ADELPHOS berasal dari kata benda DELPHUS yang artinya adalah RAHIM.

    ReplyDelete
  103. Bukan kepepet...tetapi Ia ditinggalkan dan ditolak. Baca Yes 53:3.

    Isa 53:3 KJV
    He is despised and rejected of men; a man of sorrows, and acquainted with grief: and we hid as it were our faces from him; he was despised, and we esteemed him not.

    ReplyDelete
  104. Ternyata ada manusia pengecut dan gadungan yang berani-berani membawa Nama Yesus.

    Memalukan!

    Dasar manusia pengecut, tidak ada bedanya dengan Amrozi dan Imam Samudra.

    ReplyDelete
  105. Sudah dijawab di atas. Baca yang teliti. Tidak perlu mengulang-ulang pertanyaan.

    ReplyDelete
  106. Yeh 44:1-3 sama sekali tidak berbicara tentang Maria perawan selamanya.

    Yeh 44:1-3 adalah berbicara tentang Haram esh - Sharif (kata umat Moslem). Yeh 44:1-3 berbicara tentang Golden Gate yang memang ditutup untuk mencegah dosa penyembahan kepada dewa matahari.

    Bangsa Israel pernah jatuh ke dalam dosa penyembahan kepada dewa matahari. Baca Yeh 8:16.

    Eze 8:16 KJV
    And he brought me into the inner court of the LORD's house, and, behold, at the door of the temple of the LORD, between the porch and the altar, were about five and twenty men, with their backs toward the temple of the LORD, and their faces toward the east; and they worshiped the sun toward the east.

    Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan Maria.

    ReplyDelete
  107. Itu karena Anda tidak mengerti sama sekali akar kata dari kata ADELPHOS. Anda sama sekali buta akan bahasa Yunani.

    Padahal bukti membuktikan bahwa ADELPHOS berasal dari kata benda DELPHUS (RAHIM).

    Bukti :
    Strong's Hebrew Greek Dictionary :
    ἀδελφός
    adelphos
    (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.

    ReplyDelete
  108. Memang terbukti bahwa para imam Orthodox adalah imam-imam yang buta yang hanya menelan saja tradisi-tradisi manusia.

    Mereka tidak memiliki keinginan untuk meneliti apa yang sebenarnya tertulis dalam manuskrip bahasa aslinya yang mengatakan Maria mempunyai anak-anak kandung lain dari Yusuf suaminya.

    Bukti :
    Mat 13:55 GNT
    οὐχ οὗτός ἐστιν ὁ τοῦ τέκτονος υἱός; οὐχὶ ἡ μήτηρ αὐτοῦ λέγεται Μαριὰμ, καὶ οἱ ἀδελφοὶ αὐτοῦ ᾿Ιάκωβος καὶ ᾿Ιωσῆς καὶ Σίμων καὶ ᾿Ιούδας;

    Mar 6:3 GNT
    οὐχ οὗτός ἐστιν ὁ τέκτων, ὁ υἱὸς τῆς Μαρίας, ἀδελφὸς δὲ ᾿Ιακώβου καὶ ᾿Ιωσῆ καὶ ᾿Ιούδα καὶ Σίμωνος; καὶ οὐκ εἰσὶν αἱ ἀδελφαὶ αὐτοῦ ὧδε πρὸς ἡμᾶς; καὶ ἐσκανδαλίζοντο ἐν αὐτῷ.

    ἀδελφός
    adelphos
    (to be read : ad-el-fos')
    From A (as a connective particle) and δελφύς delphus (the womb); a brother (literally or figuratively) near or remote : - brother.

    ReplyDelete
  109. Jangan lihat Paulus saja. Bagaimana dengan Petrus, bagaimana dengan Musa?

    Seorang pelayan Tuhan diperbolehkan menikah.

    1Co 9:5 KJV
    Have we not power to lead about a sister, a wife, as well as other apostles, and as the brethren of the Lord, and Cephas?

    ReplyDelete
  110. Yesus adalah Adam yang kedua memang ada ayat firman Tuhan yang membuktikannya.

    1Co 15:45 KJV
    And so it is written, The first man Adam was made a living soul; the last Adam was made a quickening spirit.

    Tetapi apakah firman Tuhan ada yang mengatakan bahwa Maria adalah Hawa yang kedua?

    Hehehehe......tidak ada tuh.

    Kalau ada, buktikan ayatnya di mana?

    ReplyDelete
  111. Hehehe...ngarang dan jelas-jelas bertentangan dengan firman Tuhan.

    Baca Luk 1:26-29.

    Luk 1:26 KJV
    And in the sixth month the angel Gabriel was sent from God unto a city of Galilee, named Nazareth,
    Luk 1:27 KJV
    espoused to a man whose name was Joseph, of the house of David; and the virgin's name was Mary.
    Luk 1:28 KJV
    And the angel came in unto her, and said, Hail, thou that art highly favored, the Lord is with thee: blessed art thou among women.
    Luk 1:29 KJV
    And when she saw him, she was troubled at his saying, and cast in her mind what manner of salutation this should be.

    Perhatikan !

    Pada mulanya Maria dan Yusuf sudah bertunangan dan sudah merencanakan akan menikah. Apakah Maria memilih untuk hidup membiara seperti kata Anda? Tidak!

    Kemudian malaikat Gabriel diutus oleh Elohim untuk datang kepada Maria. Artinya : Ini semua adalah karena pilihan dari Elohim sendiri untuk memilih Maria. Maria tidak mempunyai merit righteousness apa-apa dihadapan Elohim.

    Malaikat itu datang dan memberikan kabar kepada Maria bahwa ia akan mengandung. Tetapi bagaimana mungkin, wong Maria berencana berumah tangga dengan Yusuf kok. Itu semua karena pilihan Eloim sendiri.

    Jadi jangan ngarang cerita seperti di atas, kamper.

    ReplyDelete
  112. Hahaha.....itukan buku karangan manusia yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara Alkitabiah.

    Tapi, jika kita hanya berpedoman kepada Alkitab sebagai satu-satunya sumber kebenaran mutlak, maka kita akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kita.

    Joh 8:31 KJV
    Then said Jesus to those Jews which believed on him, If ye continue in my word, then are ye my disciples indeed;
    Joh 8:32 KJV
    And ye shall know the truth, and the truth shall make you free.

    Apakah Anda sudah continue in His Words? Kalau Anda masih mencampur-campurkan His Words dengan doktrin-doktrin lain, berarti Anda masih belum in His Words dan Anda bukan murid-Nya, tetapi murid mbah-mbah Orthodox.

    ReplyDelete
  113. Eph 1:22 KJV
    And hath put all things under his feet, and gave him to be the head over all things to the church,
    Eph 1:23 KJV
    Which is his body, the fullness of him that filleth all in all.

    Kata "church" berasal dari dari bahasa Yunani EKKLESIA yang berasal dari kata EK (out of) dan KALEO (to call).

    ἐκκλησία
    ekklēsia
    (to be read : ek-klay-see'-ah)
    From a compound of ἐκ, ἐξ (ek ex) and a derivative of kaleō (kal-eh'-o) ; a calling out, that is, (concretely) a popular meeting, especially a religious congregation (Jewish synagogue, or Christian community of members on earth or saints in heaven or both): - assembly, church.

    Jadi "gereja" adalah merupakan kumpulan orang-orang yang percaya dan memegang firman Tuhan Yesus Kristus.

    Tapi, bolehkan manusia menyembah "gereja"? Anda mengatakan bahwa Anda memberikan kemulian kepada "gereja"....sebenarnya itu adalah salah dan memanipulasi firman Tuhan untuk kepentingan institusi.

    Manusia hanya menyembah kepada Tuhan, bukan kepada institusi gereja, apalagi yang dipenuhi oleh mbah-mbah yang mengajrkan false doctrines.

    ReplyDelete
  114. Karena mereka menolak kebenaran firman Tuhan dan ingin meneruskan sistem penyembahan berhala Queen of Heaven yang beasal dari zaman Babylonia.

    ReplyDelete
  115. Hehehe...itu kalau kamperwangi yang menjadi sutradaranya. Tapi, maaf...teori Anda yang mengatakan : ..."Tunggu saja sampe Dia bangkit lagi, lalu Dia serahkan saja Maria kepada adik2Nya sebelum Dia naik ke Sorga, karena pasti mereka akan percaya"...adalah teori mengada-ada yang tidak perlu.

    Mengapa?
    Karena tidak tertulis di firman Tuhan.

    Contoh :
    Jika saya lahir sebagai Soekarno, maka pasti saya akan ini itu. Terima saja fakta apa adanya, tidak usah mengada-ada, karena itu adalah percuma.

    ReplyDelete
  116. Tidak perlu direnungkan, pemikiran yang bodoh dan tidak tercantum di firman Tuhan.

    Pada prinsipnya segala-sesuatu yang keluar dari firman Tuhan, maka ia tidak di dalam terang.

    2Jn 1:9 KJV
    Whosoever transgresseth, and abideth not in the doctrine of Christ, hath not God. He that abideth in the doctrine of Christ, he hath both the Father and the Son.

    Contoh :
    Seandainya Indonesia terletak di Eropa, maka akan ada 4 musim. Percuma saja merenungkan hal-hal yang tidak mungkin, wong faktanya Indonesia terletak di Asia.

    ReplyDelete
  117. Maaf...pemahaman saya adalah hanya Alkitab sebagai satu-satunya sumber kebenaran. Bukan kutipan dari santo-santi-santu-sante-santa dan lain-lain.

    Ini sesuai dengan Joh 17:17.

    ReplyDelete
  118. Jika kita sudah menganggap bahwa Alkitab sebagai satu-satunya kebenaran mutlak, maka apa yang disebutkan di Alkitab dalam Mat 13:55 seharusnya di-acknowledge.

    Tapi nyatanya tidak tuh?

    Bahkan Anda malah memutar balikkan makna kata ADELPHOS untuk memenuhi doktrin Anda tentang Maria.

    Bukankah itu Anda melakukan "pemaksaan doktrin"...mengalahkan firman Tuhan hanya demi doktrin gereja?

    Tuhan Yesus pernah bilang : "Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. "

    Mar 7:7 KJV
    Howbeit in vain do they worship me, teaching for doctrines the commandments of men.

    ReplyDelete
  119. Saya sudah pernah menjelaskan dalam artikel lain betapa korupnya ajaran Jerome yang sangat anti Yahudi. Bapak-bapak gereja saat itu seperti Eusebius, Cyril, John Chrysostom, Augustine, Origen, Justine dan Jerome menerbitkan pamflet yang berjudul "Adversus Judaeos".

    Dalam pamflet ini ditegaskan bahwa kaum Yahudi adalah pembunuh Yesus Kristus, karena itu seluruh pengikut Kristus harus membenci kaum Yahudi. Dari pamflet ini maka timbulah doktrin ''Adversus Judaeos''.

    Jadi bagaimana mungkin saya belajar dari Jerome?

    ReplyDelete
  120. Memberi saran boleh-boleh saja asalkan ada didukung dengan firman Tuhan yang tertulis.

    Tetapi, maaf....jika hanya saran-saran dari otak kamperwangi, itu sama saja dengan sia-sia.

    By the way...di mana ada ayat yang mengatakan : "Diskusilah dengan musuhmu?"
    Hehehe...ngarang !

    ReplyDelete
  121. Hehehe...ngawur. Coba lihat definisi "iman" yang Alkitabiah.

    Apakah definisi "iman"?
    Heb 11:1 KJV
    Now faith is the substance of things hoped for, the evidence of things not seen.

    Bagaimana memperoleh "iman"?
    Rom 10:17 KJV
    So then faith cometh by hearing, and hearing by the word of God.

    Iman hanya timbul dari pembacaan firman Tuhan. Tidak oleh yang lain, umpama dari Jerome, dari mbah-mbah Orthodox dan lain-lain.

    Karena itu keep in His Words

    ReplyDelete
  122. Hehehe...kok alergi melihat penggenapan dari Rev 17:4?

    Karya yang lebih besar dari Bunda Theresa? Lah...lalu karya Yesus Kristus 2000 tahun yang lalu dianggap apa?

    Jangan-jangan karya Bunda Theresa adalah yang terbesar? Waaaah....penyesatan lagi nih.

    ReplyDelete
  123. Pak, kayaknya bapak salah tulis. Yang menulis "Adversus Judaeos" itu Tertullian, bukan Jerome. Bapak dapet info itu darimana?
    Silakan buka dilink dibawah ini. Dia akhirnya menjadi pemeluk Montanisme, yah kurang lebihnya serupa dengan gereja yang bapak anut saat ini. Mungkin bapak perlu lebih berhati-hati dalam cross-check data. Tidak hanya Tertullian yang menulis tentang hal anti terhadap Yahudi. Martin Luther juga pernah koq. Dan tulisan tersebut dipakai Hitler sebagai bahan doktrin anti Yahudi nya. Sayang sekali.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Tertullian

    Tertullian's writings are edited in volumes 1–3 of the Patrologia Latina, and modern texts exist in the Corpus Christianorum Latinorum. English translations by Sidney Thelwall and Philip Holmes can be found in volumes III and IV of the Ante-Nicene Fathers which are freely available online; more modern translations of some of the works have been made.

    Dogmatic

    De Corona Militis.
    De Fuga in Persecutione.
    Adversus Gnosticos Scorpiace.
    Adversus Praxeam.
    Adversus Hermogenem.
    Adversus Marcionem libri V.
    Adversus Valentinianos.
    Adversus Judaeos.
    De Anima.
    De Carne Christi.
    De Resurrectione Carnis.

    ReplyDelete
  124. Saya tahu saya tidak diterima disini. Saya juga tahu bahwa bapak sangat anti katolik. Saya tidak tahu apa yang pernah bapak alami dulu sehingga begitu benci dengan institusi tersebut. Mungkin bapak pernah menderita suatu trauma atau hal yang membuat bapak menjadi seperti sekarang ini adanya. Tidak ada yang dapat saya katakan mengenai hal itu.

    Saya tidak akan melanjutkan diskusi ini. Bapaklah pemenangnya. Saya juga terima segala kata-kata bapak yang merendahkan saya. Tidak apa-apa. Cuman saya tegaskan bahwa saya bukan katolik, dan tidak terkait apapun dengan institusi tersebut. Hanya saja, semua hal, teori, yang telah saya sampaikan, memang seperti itulah adanya. Mungkin saya membuat kesalahan, menurut bapak. Tapi yang saya sampaikan adalah apa yang dipercaya gereja selama turun temurun, yang sangat bapak benci itu. Sayapun dahulu adalah orang yang tidak bisa menerima adanya institusi seperti gereja katolik dan orthodox. Namun puji Tuhan, banyak kebenaran yang disampaikan oleh Tuhan yang mencelikkan mata saya. Bukannya saya makin membenci mereka, malah saya tertarik untuk mempelajari spiritualitas
    ritus gereja timur yang mungkin sukar dipahami oleh pemahaman barat.

    Apa yang saya sampaikan di blog bapak ini bukanlah dengan maksud menyinggung apa yang bapak percayai, namun saya hanya berbagi apa yang saya terima dengan sukacita. Jika bapak membencinya, itu adalah pilihan bapak.

    Akhir kata, semoga berkat Allah ada beserta bapak sekeluarga, berkat bagi anak istri bapak, semoga menjadi keluarga shekinah, yang berkenan di mata Tuhan.

    Amen

    ReplyDelete
  125. Hehehe...saya tidak anti Katolik atau anti Orthodox. Tetapi saya anti false doctrines.

    Apalagi dengan orang yang tidak jelas ID-nya...saya paling anti. Sepertinya Anda manusia yang pengecut yang bersembunyi dibalik ID palsu.

    Kasihan......semoga Anda bertobat dari kelakuan Anda yang pengecut itu.

    Omong-omong...apakah Tuhan Yesus juga pengecut? Tentu tidak. Hanya Iblis-lah yang pengecut.

    ReplyDelete
  126. Shalom Andre,

    Kita pernah berpengalaman dengan orang-orang yg menyembunyikan identitasnya juga yg sekarang si kamperwangi ini. Orang-orang yg demikian biasanya atau kemungkinan orang-orang yg pernah ada perdebatan dengan kita di masa lalu, maka itu muncul pakai ID palsu cuma mau dendam saja. Itu yg saya curiga dengan kamperwangi yang penipu ini.
    Sebagai anak-anak Tuhan haruslah mencerminkan kejujuran, janganlah datang cuma mau cari gara-gara.
    Orang yg bebal seperti kamperwangi juga dengan yg lain-lainnya yg menuduh kita merasa dirinya yg paling benar dan sombong, nah mereka itu salah pengertian. kita ini hanya mengikuti Firman Tuhan dan sebaliknya mereka sendiri termasuk kamperwangi terlalu sombong untuk merendahkan dirinya di hadapan Tuhan dan menurutin Firman Tuhan, malah sebaliknya bukan kita.
    Mereka mau membuat aturan sendiri yaitu aturan gereja-gereja dan perintah manusia, bukannya aturan yg di dalam alkitab.
    Iman itu adalah keyakinan dari diri kita sendiri dan harus dilakukan dengan Roh kudus yg benar, kalau orang take too much pride on him/ herself will never happened.
    THE RIGHT ONE THE PEOPLE LIKE KAMPERWANGI AND THE OTHERS WHO AGAINST THE WORD OF GOD NOT HUMBLE THEMSELVES BEFORE GOD AND TAKE TOO MUCH PRIDE FOR THEMSELVES.

    God bless you'

    ReplyDelete
  127. Shalom Chris,

    Ya benar Chris. Memang masih banyak orang yang begitu mengagung-agungkan sejarah gereja dan tradisi gereja. Tetapi firman Tuhan mereka abaikan.

    Persisi dengan apa kata Tuhan Yesus di Mar 7:7.

    Mar 7:7 KJV
    Howbeit in vain do they worship me, teaching for doctrines the commandments of men.

    Padahal firman Tuhan sudah mengajarkan bagaimana cara menyembah Tuhan.

    Joh 4:24 KJV
    God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth.

    Kita tidak dapat menyembah Tuhan jika tidak sesuai dengan kebenaran-Nya (firman-Nya).

    Yang terjadi adalah mereka mau menyembah Tuhan tetapi dengan memakai kebenaran versi mereka sendiri. Ini yang sesat.

    Kalau melihat kisah sejarah Indonesia dari tahun 1945 saja banyak yang kabur dan simpang siur. Apalagi kisah sejarah/tradisi yang sudah hampir 2000 tahun yang lalu, yang hanya disampaikan turun temurun dari para mbah-mbah.

    Tidak ada kebenaran yang mutlak selain daripada firman Tuhan itu sendiri.

    Joh 17:17 KJV
    Sanctify them through thy truth: thy word is truth.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete
  128. Shalom Bro,
    Benar, untungnya saya tinggal di Indonesia pada masa reformasi tersebut untuk menyaksikan bahwa sejarah itu dapat ditutupi dan dimanipulasi.
    Jadi satu - satunya harapan bagi kita hanyalah Firman Tuhan yang dapat dipercaya karena FirmanNya adalah kebenaran:
    Joh 17:17 KJV
    "Sanctify them through thy truth: thy word is truth."

    Halelu-Yah!
    Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  129. Ya Amen Bro.

    Sejarah dapat dimanipulasi untuk kepentingan penguasa, tetapi firman Tuhan adalah ya dan amen. Kebenaran firman Tuhan adalah kekal selamanya, tidak ada yang dapat membantah kebenaran-Nya.

    Keep in His Words, Bro.

    Blessing,
    Andre

    ReplyDelete