Popular Posts

Tuesday, March 10, 2015

HA'SHEM ECHAD, HA'SHEM AHAVAH - PARASHAH KI TISA

I
HA'SHEM ECHAD, HA'SHEM AHAVAH - PARASHAH KI TISA
Andre Widodo
© ORI

Shalom,

SH'MA adalah salah satu deklarasi yang paling penting di dalam Judaisme. Di dalam Mishnah Berakhot 2:5 dijelaskan bahwa ketika seseorang mendeklarasikan SH'MA, maka sebenarnya itu adalah sebuah deklarasi yang meneguhkan sebuah hubungan pribadi antara HA'SHEM dengan orang yang mendeklarasikan SH'MA tersebut.

SH'MA diambil dari Ulangan (Devarim) 6:4, yang berbunyi:
שמע ישראל הי אלהינו י הי אחד
Sh’ma Yisrael Y-H-V-H (ADONAI) Eloheinu Y-H-V-H (ADONAI) echad.

Hear, O Israel, Y-H-V-H (ADONAI) is our G-d, Y-H-V-H (ADONAI) is One.
Dengarlah, O Israel, Y-H-V-H (ADONAI) adalah Elohim kita, Y-H-V-H (ADONAI) adalah Esa.

Kata Ibrani ECHAD אחד, terdiri dari huruf Ibrani ALEF א + CHET ח + DALET ד

Setiap huruf di dalam alphabet Ibrani memiliki nilai. Sistem penilaian setiap huruf ini dikenal sebagai GEMATRIA.

Huruf ALEF א, nilai GEMATRIA-nya = 1
Huruf CHET ח, nilai GEMATRIA-nya = 8
Huruf DALET ד, nilai GEMATRIA-nya = 4

Sehinga kata Ibrani ECHAD אחד, memiliki nilai GEMATRIA = 13.

Selain itu, kata KASIH di dalam bahasa Ibrani adalah AHAVAH יהוה אהבה, terdiri dari huruf Ibrani ALEF א + HEY ה + BET ב + HEY ה
















Huruf ALEF א, nilai GEMATRIA-nya = 1
Huruf HEY ה, nilai GEMATRIA-nya = 5
Huruf BET ב, nilai GEMATRIA-nya = 2
Huruf HEY ה, nilai GEMATRIA-nya = 5

Sehingga kata Ibrani AHAVAH אהבה, memiliki nilai GEMATRIA = 13.

Dari sini kita menemukan bahwa: "ECHAD אחד, memiliki nilai GEMATRIA = 13, dan AHAVAH אהבה, juga memiliki nilai GEMATRIA = 13."

Sehingga ketika kita mengatakan:

 הי אחד
Y-H-V-H (ADONAI) echad
Y-H-V-H (ADONAI) is One
Y-H-V-H (ADONAI) Esa

hal ini juga memiliki arti yang sama dengan:
 הי אהבה
Y-H-V-H (ADONAI) ahavah
Y-H-V-H (ADONAI) is Love
Y-H-V-H (ADONAI) adalah Kasih

Tidaklah mengherankan jika salah seorang penulis Brit Chadashah, yaitu R' Yochanan menjelaskan:

1 Yochanan 4:8
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Elohim, sebab Elohim adalah kasih.

Ketika kita menemukan bahwa HA'SHEM = ECHAD = AHAVAH = 13, maka timbul pertanyaan, mengapa HA'SHEM = 13?

Ini dijelaskan di dalam parashah KI TISA, hari Shabbat yang lalu di Keluaran (Shemot) 34:6-7.

Keluaran (Shemot) 34:6
וַיַּעֲבֹר יְהוָה עַל-פָּנָיו, וַיִּקְרָא, יְהוָה יְהוָה, אֵל רַחוּם וְחַנּוּן--אֶרֶךְ אַפַּיִם, וְרַב-חֶסֶד וֶאֱמֶת
va.ya.a.vor A.DO.NAI al-pa.nav va.yik.ra A.DO.NAI A.DO.NAI EL ra.chum v'cha.nun e.rech a.pa.yim v'rav-che.sed ve.e.met

Berjalanlah ADONAI lewat dari depannya dan berseru: "ADONAI, ADONAI, EL penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,

Keluaran (Shemot) 34:7
 נֹצֵר חֶסֶד לָאֲלָפִים, נֹשֵׂא עָוֹן וָפֶשַׁע וְחַטָּאָה; וְנַקֵּה, לֹא יְנַקֶּה--פֹּקֵד עֲוֹן אָבוֹת עַל-בָּנִים וְעַל-בְּנֵי בָנִים, עַל-שִׁלֵּשִׁים וְעַל-רִבֵּעִים
no.tser che.sed la.a.la.fim no.se a.von va.fe.sha v'cha.ta.a v'na.ke lo y'na.ke po.ked a.von a.vot al-ba.nim v'al-b'nei va.nim al-shi.le.shim v'al-ri.be.im

yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

Di dalam Keluaran (Shemot) 34:6-7 ini kita menemukan ada 13 ATRIBUT HA'SHEM, di dalam Judaisme hal ini disebut sebagai SHELOSH ESREI MIDDOT שָׁלוֹשׁ עֶשְׂרֵה מִידוֹת, yaitu 13 ATRIBUT RAHMAT KEMURAHAN HA'SHEM.



Ke-13 ATRIBUT tersebut adalah:

1.)
יְהוָה ADONAI — compassion before a person sins;

2.)
יְהוָה ADONAI — compassion after a person has sinned;

3.)
אֵל EL — mighty in compassion to give all creatures according to their need;

4.)
רַחוּם Rachum — merciful, that humankind may not be distressed;

5.)
וְחַנּוּן VeChanun — and gracious if humankind is already in distress;

6.)
אֶרֶךְ אַפַּיִם Erech appayim — slow to anger;

7.)
וְרַב-חֶסֶד VeRav chesed — and plenteous in kindness;

8.)
וֶאֱמֶת VeEmet — and truth;

9.)
נֹצֵר חֶסֶד לָאֲלָפִים Notzer chesed laalafim — keeping kindness unto thousands;

10.)
נֹשֵׂא עָוֹן Noseh avon — forgiving iniquity;

11.)
וָפֶשַׁע VaFeshah — and transgression;

12.)
וְחַטָּאָה VeChata'ah — and sin;

13.)
וְנַקֵּה VeNakeh — and pardoning.

Ketika kita mendeklarasikan SH'MA, kita mendeklarasikan bahwa HA'SHEM = ECHAD = AHAVAH = 13, yang artinya sebenarnya adalah ketika kita mengasihi HA'SHEM, kita mengasihi apa yang sudah HA'SHEM ciptakan. MENGASIHI artinya adalah UNIFIKASI dengan objek yang kita kasihi, UNIFIKASI dengan apa yang dipelihara dan dipegang oleh HA'SHEM.

Di dalam Kabbalah, kata ECHAD אחד dibahas lebih mendalam lagi.






































Huruf ALEF א di dalam kata ECHAD אחד, di dalam Kabbalah digambarkan sebagai SEFIRAH ספירה, atau MANIFESTASI tertinggi, yaitu KETER כתר, atau MAHKOTA.

Huruf CHET ח, di dalam Kabbalah digambarkan sebagai 8 SEFIROT ספירות atau MANIFESTASI-MANIFESTASI HA'SHEM yang lain, yang terletak di bawah KETER כתר, atau MAHKOTA, yaitu:

1.) CHOCHMAH חכמה, yaitu WISDOM

2.) BINAH בינה, yaitu UNDERSTANDING. Dapat juga diartikan sebagai BEN-YAH בן-יה, yaitu ANAK YAH; ANAK ELOHIM

3.) CHESED חסד, yaitu KINDNESS

4.) GEVURAH גבורה, yaitu SEVERITY

5.) TIFERET תפארת, yaitu BEAUTY

6.) NETZACH נצח, yaitu ETERNITY

7.) HOD הוד, yaitu SPLENDOUR; MAJESTY

8.) YESOD יסוד, yaitu FONDATION

Sedangkan huruf terakhir dari kata ECHAD אחד, yaitu huruf DALET ד, menggambarkan SEFIRAH ספירה yang terakhir yaitu MALCHUT מלכות, yaitu KINGDOM.

Sekedar informasi, huruf DALET ד di dalam Kabbalah selalu merepresentasikan MALCHUT מלכות, yaitu KINGDOM.

Selain itu angka 13 di dalam Judaisme juga mencerminkan 13 PRINSIP IMAN dari Rambam, yaitu Rabbi Moshe Ben Maimon, yang dikenal sebagai "Maimonedes", yang menjadi FONDASI IMAN dari Judaisme di abad modern sekarang ini, yaitu Judaisme di masa ACHARONIM אחרונים




















Masa ACHARONIM אחרונים adalah Judaisme yang dimulai dari tahun 1500 CE - zaman sekarang ini. Salah satu Rabbi yang terkenal di masa ini adalah R' Yitzchak Luria (Ha'Ari - the Lion) yang dikenal sebagai salah satu orang penting di dalam Kabbalah di kota Tzfat (Safed), Israel.



Berikut ini adalah salah satu sinagog yang dibangun oleh R' Yitzchak Luria (Ha'Ari) di kota Tzfat (Safed), Israel ketika kami berunjung ke sana.




No comments:

Post a Comment