HARUSKAH KITA MEMBACA PARASHAH?
Andre Widodo
© ORI
Shalom,
Di dalam bahasa Ibrani di kenal kata "PARASHAH [פָּרָשָׁה]" yang artinya adalah "PORSI". Dan untuk bentuk jamaknya dalam bahasa Ibrani adalah "PARASHIOT [פָּרָשִׁיּוֹת]" yang artinya adalah "PORSI-PORSI".
"PARASHAH" adalah "PORSI" Kitab Suci yang selalu dibaca setiap hari SHABBAT. Setiap hari SHABBAT, di seluruh sinagog di manapun di seluruh dunia mempunyai jadwal pembacaah "PARASHAH" yang sama dan terjadwal.
Dalam 1 tahun kalendar Kitab Suci, terdiri dari 54 "PARASHIOT". Dimulai pada perayaan "SIMCHAT TORAH" tanggal 23 TISHRI dan berakhir juga pada perayaan "SIMCHAT TORAH" tanggal 23 TISHRI pada tahun berikutnya.
SIMCHAT TORAH 23 TISHRI
=======================
"SIMCHAT TORAH" adalah "BERSUKACITA DI DALAM TORAH", yaitu perayaan sukacita menyambut TORAH ADONAI.
Perayaan" SUKKOT [PONDOK DAUN]" dirayakan selama 7 hari dari tanggal 15 TISHRI - 21 TISHRI (*Imamat 23:34-44*). Pada tanggal 21 TISHRI adalah "HOSHANA RABBAH [KESELAMATAN BESAR, yaitu HARI KE-7 HARI RAYA PONDOK DAUN]"
Tanggal 22 TISHRI adalah "SHEMINI ATZERET [PERAYAAN HARI KE-8]" (*Bilangan 29:12-35*).
Bil 29:35
Pada hari yang kedelapan haruslah kamu mengadakan perkumpulan raya, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.
Tanggal 23 TISHRI adalah "SIMCHAT TORAH", perayaan sukacita menyambut TORAH.
Harap diingat bahwa TORAH ADONAI diberikan kepada Moshe (Musa) pada tanggal 6 SIVAN - 7 SIVAN. Tetapi respond pertama terhadap TORAH ADONAI adalah salah besar, ketika terjadi Dosa Patung Lembu Emas, sehingga TORAH ADONAI dihancurkan (*Keluaran 32*).
Tetapi setelah TESHUVAH maka TORAH ADONAI ke-2 dibuat kembali dan respond kedua terhadap TORAH ADONAI ini dirayakan pada tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH".
Dan setiap tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH" pembacaan "PARASHAH" dimulai dan berakhir kembali pada tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH sat tahun berikutnya.
ASAL MULA PEMBACAAN PARASHAH
================================
Berdasarkan tradisi sejarah bangsa Yahudi, pembacaan "PARASHAH" mulai dilakukan pada zaman nabi Ezra, setelah selesai dari pembuangan ke Babel, bersama 120 anggota KNESSET HA'GADOLAH [GREAT ASSEMBLY] sekitar 400 tahun sebelum Mesias lahir.
Ezra bersama-sama dengan Mordechai, Dani'El, Nechem'Yah, Zerubavel dan lain-lain meng-institusikan bagaimana seharusnya umat ADONAI melakukan "AVODAH [IBADAH]" setiap hari SHABBAT.
Dan salah satu produk dari "GREAT ASSEMBLY" ini adalah pembacaan "PARASHAH" setiap hari SHABBAT.
PEMBACAAN PARASHAH DI BRIT CHADASHAH
=======================================
Apakah pembacaan "PARASHAH" masih dilakukan di dalam zaman "BRIT CHADASHAH [PERJANJIAN BARU]"?
1.) YESHUA MEMBACA PARASHAH
Luk 4:16
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari SHABBAT Ia masuk ke RUMAH IBADAT (*SINAGOG*), lalu berdiri hendak membaca dari ALKITAB (*TORAH PORSI / PARASHAH*).
Luk 4:20
Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam RUMAH IBADAT (*SINAGOG*) itu tertuju kepada-Nya.
2.) RABBI SHAUL MEMBACA PARASHAH
Kis 13:13
Lalu SHAUL (*PAULUS*) dan kawan-kawannya meninggalkan Pafos dan berlayar ke Perga di Pamfilia; tetapi YOCHANAN (*YOHANES*) meninggalkan mereka lalu kembali ke Yerusalem.
Kis 13:14
Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia di Pisidia. Pada hari SHABBAT mereka pergi ke RUMAH IBADAT (*SINAGOG*), lalu duduk di situ.
Kis 13:15
Setelah selesai PEMBACAAN HUKUM TAURAT (*TORAH*) dan KITAB NABI-NABI (*NEVI'IM*), pejabat-pejabat RUMAH IBADAT (*SINAGOG*) menyuruh bertanya kepada mereka: "Saudara-saudara, jikalau saudara-saudara ada pesan untuk membangun dan menghibur umat ini, silakanlah!"
3.) SIDANG JEMAAT MESIANIK JUDAISME DI YERUSALEM MEMBACA PARASHAH
Kis 15:21
Sebab sejak zaman dahulu HUKUM MUSA (*TORAH PORSI / PARASHAH*) diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari SHABBAT di RUMAH-RUMAH IBADAT (*SINAGOG-SINAGOG*)."
HARUSKAH KITA MEMBACA PARASHAH?
==================================
Jadi "HARUSKAH KITA MEMBACA PARASHAH?"
Fakta-fakta menunjukkan:
1.) YESHUA MEMBACA PARASHAH.
2.) RABBI SHAUL MEMBACA PARASHAH.
3.) JEMAAT MESIANIK JUDAISME PERTAMA DI YERUSALEM MEMBACA PARASHAH.
Berdasarkan ke-3 fakta di atas, "HARUSKAH KITA SEBAGAI PENGIKUT MESIAS MEMBACA PARASHAH?"
Jawab:
Tentu HARUS!
Karena dengan membaca "PARASHAH":
1.) Kita meneladani HALAKHAH (*POLA HIDUP*) yang sudah Mesias Yeshua teladani untuk kita.
2.) Kita meneladani HALAKHAH (*POLA HIDUP*) Rabbi Shaul (1 Kor 11:1).
3.) Pembacaan "PARASHAH" adalah ciri khas umat Mesianik Judaisme abad mula-mula (Kis 15:21).
Jika masih ada rekan-rekan Mesianik yang masih belum teratur/belum tertib dalam mengikuti jadwal pembacaan "PARASHAH", saya mengajak, marilah kita mulai dari sekarang contoh yang baik ini.
Karena dari pembacaan "PARASHAH" kita dapat menyelam ke dalam dunia Mesianik Judaisme lebih detail lagi dan seragam dengan rekan-rekan Mesianik Judaisme yang lain di seluruh dunia.
Shalom, v' shalom.
Andre Widodo
© ORI
Shalom,
Di dalam bahasa Ibrani di kenal kata "PARASHAH [פָּרָשָׁה]" yang artinya adalah "PORSI". Dan untuk bentuk jamaknya dalam bahasa Ibrani adalah "PARASHIOT [פָּרָשִׁיּוֹת]" yang artinya adalah "PORSI-PORSI".
"PARASHAH" adalah "PORSI" Kitab Suci yang selalu dibaca setiap hari SHABBAT. Setiap hari SHABBAT, di seluruh sinagog di manapun di seluruh dunia mempunyai jadwal pembacaah "PARASHAH" yang sama dan terjadwal.
Dalam 1 tahun kalendar Kitab Suci, terdiri dari 54 "PARASHIOT". Dimulai pada perayaan "SIMCHAT TORAH" tanggal 23 TISHRI dan berakhir juga pada perayaan "SIMCHAT TORAH" tanggal 23 TISHRI pada tahun berikutnya.
SIMCHAT TORAH 23 TISHRI
=======================
"SIMCHAT TORAH" adalah "BERSUKACITA DI DALAM TORAH", yaitu perayaan sukacita menyambut TORAH ADONAI.
Perayaan" SUKKOT [PONDOK DAUN]" dirayakan selama 7 hari dari tanggal 15 TISHRI - 21 TISHRI (*Imamat 23:34-44*). Pada tanggal 21 TISHRI adalah "HOSHANA RABBAH [KESELAMATAN BESAR, yaitu HARI KE-7 HARI RAYA PONDOK DAUN]"
Tanggal 22 TISHRI adalah "SHEMINI ATZERET [PERAYAAN HARI KE-8]" (*Bilangan 29:12-35*).
Bil 29:35
Pada hari yang kedelapan haruslah kamu mengadakan perkumpulan raya, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.
Tanggal 23 TISHRI adalah "SIMCHAT TORAH", perayaan sukacita menyambut TORAH.
Harap diingat bahwa TORAH ADONAI diberikan kepada Moshe (Musa) pada tanggal 6 SIVAN - 7 SIVAN. Tetapi respond pertama terhadap TORAH ADONAI adalah salah besar, ketika terjadi Dosa Patung Lembu Emas, sehingga TORAH ADONAI dihancurkan (*Keluaran 32*).
Tetapi setelah TESHUVAH maka TORAH ADONAI ke-2 dibuat kembali dan respond kedua terhadap TORAH ADONAI ini dirayakan pada tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH".
Dan setiap tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH" pembacaan "PARASHAH" dimulai dan berakhir kembali pada tanggal 23 TISHRI dalam perayaan "SIMCHAT TORAH sat tahun berikutnya.
ASAL MULA PEMBACAAN PARASHAH
================================
Berdasarkan tradisi sejarah bangsa Yahudi, pembacaan "PARASHAH" mulai dilakukan pada zaman nabi Ezra, setelah selesai dari pembuangan ke Babel, bersama 120 anggota KNESSET HA'GADOLAH [GREAT ASSEMBLY] sekitar 400 tahun sebelum Mesias lahir.
Ezra bersama-sama dengan Mordechai, Dani'El, Nechem'Yah, Zerubavel dan lain-lain meng-institusikan bagaimana seharusnya umat ADONAI melakukan "AVODAH [IBADAH]" setiap hari SHABBAT.
Dan salah satu produk dari "GREAT ASSEMBLY" ini adalah pembacaan "PARASHAH" setiap hari SHABBAT.
PEMBACAAN PARASHAH DI BRIT CHADASHAH
=======================================
Apakah pembacaan "PARASHAH" masih dilakukan di dalam zaman "BRIT CHADASHAH [PERJANJIAN BARU]"?
1.) YESHUA MEMBACA PARASHAH
Luk 4:16
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari SHABBAT Ia masuk ke RUMAH IBADAT (*SINAGOG*), lalu berdiri hendak membaca dari ALKITAB (*TORAH PORSI / PARASHAH*).
Luk 4:20
Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam RUMAH IBADAT (*SINAGOG*) itu tertuju kepada-Nya.
2.) RABBI SHAUL MEMBACA PARASHAH
Kis 13:13
Lalu SHAUL (*PAULUS*) dan kawan-kawannya meninggalkan Pafos dan berlayar ke Perga di Pamfilia; tetapi YOCHANAN (*YOHANES*) meninggalkan mereka lalu kembali ke Yerusalem.
Kis 13:14
Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia di Pisidia. Pada hari SHABBAT mereka pergi ke RUMAH IBADAT (*SINAGOG*), lalu duduk di situ.
Kis 13:15
Setelah selesai PEMBACAAN HUKUM TAURAT (*TORAH*) dan KITAB NABI-NABI (*NEVI'IM*), pejabat-pejabat RUMAH IBADAT (*SINAGOG*) menyuruh bertanya kepada mereka: "Saudara-saudara, jikalau saudara-saudara ada pesan untuk membangun dan menghibur umat ini, silakanlah!"
3.) SIDANG JEMAAT MESIANIK JUDAISME DI YERUSALEM MEMBACA PARASHAH
Kis 15:21
Sebab sejak zaman dahulu HUKUM MUSA (*TORAH PORSI / PARASHAH*) diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari SHABBAT di RUMAH-RUMAH IBADAT (*SINAGOG-SINAGOG*)."
HARUSKAH KITA MEMBACA PARASHAH?
==================================
Jadi "HARUSKAH KITA MEMBACA PARASHAH?"
Fakta-fakta menunjukkan:
1.) YESHUA MEMBACA PARASHAH.
2.) RABBI SHAUL MEMBACA PARASHAH.
3.) JEMAAT MESIANIK JUDAISME PERTAMA DI YERUSALEM MEMBACA PARASHAH.
Berdasarkan ke-3 fakta di atas, "HARUSKAH KITA SEBAGAI PENGIKUT MESIAS MEMBACA PARASHAH?"
Jawab:
Tentu HARUS!
Karena dengan membaca "PARASHAH":
1.) Kita meneladani HALAKHAH (*POLA HIDUP*) yang sudah Mesias Yeshua teladani untuk kita.
2.) Kita meneladani HALAKHAH (*POLA HIDUP*) Rabbi Shaul (1 Kor 11:1).
3.) Pembacaan "PARASHAH" adalah ciri khas umat Mesianik Judaisme abad mula-mula (Kis 15:21).
Jika masih ada rekan-rekan Mesianik yang masih belum teratur/belum tertib dalam mengikuti jadwal pembacaan "PARASHAH", saya mengajak, marilah kita mulai dari sekarang contoh yang baik ini.
Karena dari pembacaan "PARASHAH" kita dapat menyelam ke dalam dunia Mesianik Judaisme lebih detail lagi dan seragam dengan rekan-rekan Mesianik Judaisme yang lain di seluruh dunia.
Shalom, v' shalom.
No comments:
Post a Comment