PENGUATAN IMAN MESIANIK JUDAISME
"Parashah LECH LECHA - GRAFTED IN"
© ORI
Shalom chaverim,
Banyak orang berpikir bahwa konsep "GRAFTED IN" adalah sebuah konsep yang hanya terdapat di dalam "BRIT CHADASHAH (PERJANJIAN BARU)" saja.
Apakah benar?
Jika kita membaca "Parashah LECH LECHA" maka kita akan menemukan bahwa sebenarnya konsep "GRAFTED IN" sudah ada sejak zaman Abraham, yaitu ketika Abraham pertama kali dipanggil PERGI (SET-APART) untuk menuju panggilannya ke Tanah Perjanjian.
Genesis 12:4-5 - Complete Jewish Bible (CJB)
So Avram went, as ADONAI had said to him, and Lot went with him. Avram was 75 years old when he left Haran. Avram took his wife Sarai, his brother’s son Lot, and all their possessions which they had accumulated, as well as THE PEOPLE THEY HAD ACQUIRED in Haran; then they set out for the land of Kena‘an and entered the land of Kena‘an.
Kejadian 12:4-5
Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan ADONAI kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran. Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH MEREKA di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.
Siapakah identitas "ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH" ini? Siapakah mereka?
PENJELASAN RASHI
=================
Rashi, yaitu Rabbi Shlomo Yitzchaki (1040-1105 CE), salah satu Rabbi terkemuka di dalam Judaisme menjelaskan tentang Kejadian 12:4-5 sebagai berikut:
Avodah Zara 9a
"The 2.000 years of chaos ended when Avram was 52 years old. Avram was born in the Jewish year 1948. When he was 52 years old, he brought back all the souls that he had acquired (converted) in Haran as stated in Genesis 12:5."
Rashi menjelaskan bahwa identitas "ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH" ini adalah: "GENTILES yang sudah memutuskan untuk BERGABUNG dengan Abraham untuk menyembah Ha'Shem ('converted' dari kehidupan paganisme di kota Haran lalu memutuskan iktu Abraham menyembah Ha'Shem)."
PENJELASAN RABBI YITZCHAK GINZBURG
===================================
Rabbi Yitzchak Ginzburg adalah salah satu Rabbi dari Chabad di tanah Israel, dan beliau menjelaskan tentang Kejadian 12:5 di dalam sebuah kuliah singkat sebagai berikut:
"TORAH did not start with Moses. But the TORAH was started with Avraham and Sarah when they were bringing the SOULS from Haran to the G-d of Israel. As the GENTILE NATIONS were "GRAFTED IN" to Avraham, so is the GENTILE NATIONS will be GRAFTED IN to Israel through the Messiah."
KESIMPULAN
===========
Konsep "GRAFTED IN" yang dituliskan oleh Rabbi Sha'ul di Roma 11:17 adalah bukan suatu konsep baru di dalam Perjanjian Baru.
Tetapi konsep "GRAFTED IN" sebenarnya adalah sebuah konsep di dalam TORAH, di dalam JUDAISME, di mana BANGSA-BANGSA NON-YAHUDI yang memutuskan dengan suka rela untuk menyembah Ha'Shem bersama-sama dengan Avraham.
Konsep inilah yang juga diterapkan oleh Rabbi Sha'ul di Roma 11:17, bahwa BANGSA-BANGSA NON-YAHUDI yang sudah menerima MESIAS-nya bangsa Israel maka "GRAFTED IN" dengan bangsa Israel.
Dan konsep inilah yang juga berlaku di dalam MESIANIK JUDAISME.
Seperti Avraham lahir pada tahun 1948 kalendar Ibrani, maka bangsa Israel lahir pada tahun 1948 CE.
Seperti BANGSA-BANGSA bergabung dengan Avraham di Kejadian 12:5, maka sekarang BANGSA-BANGSA NON-YAHUDI bergabung dengan Israel untuk bersama-sama menyembah Ha'Shem.
Inilah yang dijelaskan oleh Rabbi Sha'ul bahwa MESIAS Yeshua sudah menghancurkan TEMBOK PEMISAH yang memisahkan antara YAHUDI dan NON YAHUDI.
Efesus 2:14
Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan TEMBOK PEMISAH, yaitu perseteruan,
PERTANYAAN
===========
Jika TEMBOK PEMISAH yang memisahkan antara YAHUDI dan NON-YAHUDI sudah diruntuhkan, apakah pantas jika masih ada orang yang berusaha mendirikan TEMBOK PEMISAH itu kembali?
Apakah pantas jika masih ada orang yang mengatakan bahwa TORAH adalah hanya untuk bangsa YAHUDI saja?
Apakah pantas jika masih ada orang yang mengatakan bahwa TORAH yang ini saya lakukan, tetapi TORAH yang itu (*SUNAT* contoh-nya) tidak perlu saya lakukan?
Ingat, kita harus kembali melihat ke dalam pembacaan "Parashah LECH LECHA", apa yang Ha'Shem inginkan dari Avraham (ORANG ASLI) dan ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH di Haran?
Apakah hanya ada 1 TORAH? Atau ada 2 TORAH untuk ORANG ASLI dan untuk ORANG-ORANG NON-YAHUDI?
Hati-hati terhadap mereka yang mengajarkan bahwa TEMBOK PEMISAH yang memisahkan antara YAHUDI dan NON-YAHUDI masih ada.
No comments:
Post a Comment