ETZ CHAYIM - POHON KEHIDUPAN - TORAH - MASHIACH
Andre Widodo
© ORI
Shalom,
Dalam suatu MIDRASH, MASHIACH pernah mengajarkan:
ETZ TOV pasti akan menghasilkan PERI TOV dan ETZ NISHCHAT pasti akan menghasilkan PERI RAH. Sebuah ETZ TOV tidak akan bisa menghasilkan PERI RAH dan sebaliknya ETZ NISHCHAT tidak akan bisa menghasilkan PERI TOV.
Mattityahu 7:18-20 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
18 An ETZ TOV is not able to produce PERI RAH nor is an ETZ NISHCHAT able to produce PERI TOV.
19 KOL ETZ (every tree) not producing PERI TOV is cut off and is thrown into HaEish (the Fire) (YESHAYAH 66:24; DANIEL 12:2).
20 Therefore, by their PEROT(fruits) you shall have DA’AS of them.
Di dalam TANAKH dan BRIT CHADASHAH, MIDRASH tentang ETZ CHAYIM (POHON KEHIDUPAN) tertulis sebanyak 10 kali. ETZ CHAYIM ini pertama kali muncul di dalam Kejadian 2:9; Kejadian 3:22-24. ETZ CHAYIM ini terkahir kali muncul di dalam Wahyu 2:7; Wahyu 22:2; Wahyu 22:14.
Di dalam Wahyu 22:14 dikatakan:
Hisgalus 22:14 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
14 “Ashrey are the ones WASHING THEIR KAFTANS, that they may have the right to the ETZ HA'CHAYIM (the Tree of Life) and they may enter by the she’arim (gates) into the city
Di dalam terjemahan lain dituliskan sebagai berikut:
Revelation 22:14 - Authorized (King James) Version (AKJV)
14 Blessed are they that DO HIS COMMANDMENTS, that they may have right to the tree of life, and may enter in through the gates into the city.
Tentu ada pertanyaan:
Apakah hubungannya antara WASHING THEIR KAFTANS (MEMBASUH JUBAHNYA) dengan DO HIS COMMANDMENTS?
JAWAB:
Di dalam Wahyu 7:14 dan Wahyu 19:7-8 dijelaskan bahwa mereka yang MEMBASUH JUBAHNYA dan MEMBUAT JUBAHNYA MENJADI PUTIH adalah mereka yang MELAKUKAN PERBUATAN-PERBUATAN BENAR; KUDUS; BAIK.
Dalam STANDARD apa setiap PERBUATAN itu dianggap BENAR; KUDUS; BAIK? Roma 7:12.
Sehingga kita tahu bahwa Wahyu 22:14 sesuai dengan konteksnya, mereka yang diizinkan masuk ke dalam ETZ CHAYIM dan SHE'ARIM adalah mereka yang memiliki EMUNAH terhadap MASHIACH dan memiliki TORAH.
Di dalam BERESHIT, di Kejadian 2:9, kita sudah menemukan ETZ CHAYIM tersebut. ETZ CHAYIM itu sudah ada sejak di dalam BERESHIT. Di dalam tradisional JUDAISME, ETZ CHAYIM di dalam BERESHIT dikenal juga sebagai TORAH-CHAYIM, yang memberikan HIKMAT [CHOKHMAH] kepada mereka yang berteduh di dalamnya.
Berdasarkan penjelasan para rabbi, kehancuran manusia yang terjadi di taman EDEN, terjadi karena manusia memandang rendah ETZ CHAYIM ini dengan cara tidak menghiraukan/mengabaikan DIVINE MITZVAH yang diberikan oleh HaShem sendiri.
DAn berdasarkan MIDRASH di dalam JUDAISME, ETZ CHAYIM ini akan tetap ada di dalam OLAM HABA (DUNIA YANG AKAN DATANG), sama seperti yang trjadi di dalam BERESHIT.
Sebagai MESHICHIM HA'YEHUDIM (pemeluk-pemeluk MESIANIK JUDAISME), kita percaya bahwa MASHIACH YESHUA adalah ETZ CHAYIM, IA adalah TORAH-CHAYIM tersebut, seperti yang diajarkan dalam MIDRASH oleh Rav Yochanan di Yohanes 15:1-6; Wahyu 22:2.
Yochanan 15:1-6 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
1 I am HaGefen HaAmittit (the true vine)[TEHILLIM 80:8-20; YESHAYAH 5:1-7; YECHEZKEL 19:10] and HaAv of me is the Korem (vineyard proprietor).
2 Every sarig (shoot, branch) in me not bearing p’ri [TEHILLIM 92:14] He takes it away, and every sarig bearing p’ri He prunes that it may bear much p’ri.
3 You are already metoharim (clean) because of the dvar which I have spoken to you.
4 Remain in me and I in you. As the sarig is not able to bear p’ri from itself, unless it remains on the gefen (vine), so neither are you, unless you remain in me.
5 Ani Hu (I am) HaGefen; you are the sarigim (branches). The one remaining in me and I in him, this one bears much p’ri, because apart from me you are not able to do anything.
6 Unless someone remains in me, he is cast out as the sarig and is dried up and they gather them, and into the Eish they throw them, and they are burned. [YECHEZKEL 15:1-8; 19:10]
Hisgalus 22:2 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
2 In the middle of the rekhov (street) of it, and on either side on the nahar (river) was the ETZ HA'CHAYIM, producing Shneym Asar Perot (Twelve Fruits), according to each chodesh (month), yielding the p’ri of it, and the leaves of the Etz (tree) were for the refu’ah (healing) of the Nations [YECHEZKEL 47:12]
KESIMPULAN
===========
ETZ CHAYIM adalah TORAH CHAYIM adalah MENORAH dan adalah MASHIACH itu sendiri. Jadi belajar-lah memiliki HALAKHAH yang dimiliki oleh MASHIACH, melakukan HALAKHAH MASHIACH, bukan melakukan HELLENISME.
B'rachot v' Shalom
Andre Widodo
© ORI
Shalom,
Dalam suatu MIDRASH, MASHIACH pernah mengajarkan:
ETZ TOV pasti akan menghasilkan PERI TOV dan ETZ NISHCHAT pasti akan menghasilkan PERI RAH. Sebuah ETZ TOV tidak akan bisa menghasilkan PERI RAH dan sebaliknya ETZ NISHCHAT tidak akan bisa menghasilkan PERI TOV.
Mattityahu 7:18-20 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
18 An ETZ TOV is not able to produce PERI RAH nor is an ETZ NISHCHAT able to produce PERI TOV.
19 KOL ETZ (every tree) not producing PERI TOV is cut off and is thrown into HaEish (the Fire) (YESHAYAH 66:24; DANIEL 12:2).
20 Therefore, by their PEROT(fruits) you shall have DA’AS of them.
Di dalam TANAKH dan BRIT CHADASHAH, MIDRASH tentang ETZ CHAYIM (POHON KEHIDUPAN) tertulis sebanyak 10 kali. ETZ CHAYIM ini pertama kali muncul di dalam Kejadian 2:9; Kejadian 3:22-24. ETZ CHAYIM ini terkahir kali muncul di dalam Wahyu 2:7; Wahyu 22:2; Wahyu 22:14.
Di dalam Wahyu 22:14 dikatakan:
Hisgalus 22:14 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
14 “Ashrey are the ones WASHING THEIR KAFTANS, that they may have the right to the ETZ HA'CHAYIM (the Tree of Life) and they may enter by the she’arim (gates) into the city
Di dalam terjemahan lain dituliskan sebagai berikut:
Revelation 22:14 - Authorized (King James) Version (AKJV)
14 Blessed are they that DO HIS COMMANDMENTS, that they may have right to the tree of life, and may enter in through the gates into the city.
Tentu ada pertanyaan:
Apakah hubungannya antara WASHING THEIR KAFTANS (MEMBASUH JUBAHNYA) dengan DO HIS COMMANDMENTS?
JAWAB:
Di dalam Wahyu 7:14 dan Wahyu 19:7-8 dijelaskan bahwa mereka yang MEMBASUH JUBAHNYA dan MEMBUAT JUBAHNYA MENJADI PUTIH adalah mereka yang MELAKUKAN PERBUATAN-PERBUATAN BENAR; KUDUS; BAIK.
Dalam STANDARD apa setiap PERBUATAN itu dianggap BENAR; KUDUS; BAIK? Roma 7:12.
Sehingga kita tahu bahwa Wahyu 22:14 sesuai dengan konteksnya, mereka yang diizinkan masuk ke dalam ETZ CHAYIM dan SHE'ARIM adalah mereka yang memiliki EMUNAH terhadap MASHIACH dan memiliki TORAH.
Di dalam BERESHIT, di Kejadian 2:9, kita sudah menemukan ETZ CHAYIM tersebut. ETZ CHAYIM itu sudah ada sejak di dalam BERESHIT. Di dalam tradisional JUDAISME, ETZ CHAYIM di dalam BERESHIT dikenal juga sebagai TORAH-CHAYIM, yang memberikan HIKMAT [CHOKHMAH] kepada mereka yang berteduh di dalamnya.
Berdasarkan penjelasan para rabbi, kehancuran manusia yang terjadi di taman EDEN, terjadi karena manusia memandang rendah ETZ CHAYIM ini dengan cara tidak menghiraukan/mengabaikan DIVINE MITZVAH yang diberikan oleh HaShem sendiri.
DAn berdasarkan MIDRASH di dalam JUDAISME, ETZ CHAYIM ini akan tetap ada di dalam OLAM HABA (DUNIA YANG AKAN DATANG), sama seperti yang trjadi di dalam BERESHIT.
Sebagai MESHICHIM HA'YEHUDIM (pemeluk-pemeluk MESIANIK JUDAISME), kita percaya bahwa MASHIACH YESHUA adalah ETZ CHAYIM, IA adalah TORAH-CHAYIM tersebut, seperti yang diajarkan dalam MIDRASH oleh Rav Yochanan di Yohanes 15:1-6; Wahyu 22:2.
Yochanan 15:1-6 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
1 I am HaGefen HaAmittit (the true vine)[TEHILLIM 80:8-20; YESHAYAH 5:1-7; YECHEZKEL 19:10] and HaAv of me is the Korem (vineyard proprietor).
2 Every sarig (shoot, branch) in me not bearing p’ri [TEHILLIM 92:14] He takes it away, and every sarig bearing p’ri He prunes that it may bear much p’ri.
3 You are already metoharim (clean) because of the dvar which I have spoken to you.
4 Remain in me and I in you. As the sarig is not able to bear p’ri from itself, unless it remains on the gefen (vine), so neither are you, unless you remain in me.
5 Ani Hu (I am) HaGefen; you are the sarigim (branches). The one remaining in me and I in him, this one bears much p’ri, because apart from me you are not able to do anything.
6 Unless someone remains in me, he is cast out as the sarig and is dried up and they gather them, and into the Eish they throw them, and they are burned. [YECHEZKEL 15:1-8; 19:10]
Hisgalus 22:2 - Orthodox Jewish Bible (OJB)
2 In the middle of the rekhov (street) of it, and on either side on the nahar (river) was the ETZ HA'CHAYIM, producing Shneym Asar Perot (Twelve Fruits), according to each chodesh (month), yielding the p’ri of it, and the leaves of the Etz (tree) were for the refu’ah (healing) of the Nations [YECHEZKEL 47:12]
KESIMPULAN
===========
ETZ CHAYIM adalah TORAH CHAYIM adalah MENORAH dan adalah MASHIACH itu sendiri. Jadi belajar-lah memiliki HALAKHAH yang dimiliki oleh MASHIACH, melakukan HALAKHAH MASHIACH, bukan melakukan HELLENISME.
B'rachot v' Shalom
No comments:
Post a Comment