Popular Posts

Sunday, November 10, 2013

KEWARGAAN ISRAEL

KEWARGAAN ISRAEL
Andre Widodo
© ORI

Shalom,

Di salah satu SEFER-nya, Rabbi Shaul pernah menuliskan sebuah kata "[אֶזרָחִות - EZRAKHUT]", yang artinya adalah "KEWARGAAN". 

Berikut ini tulisan beliau:

Efe 2:11 - Terjemahan Baru - (TB-LAI)
Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu--sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, --

Efe 2:12 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
bahwa waktu itu kamu tanpa Mesias, tidak termasuk KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL] dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Elohim di dalam dunia.

Efe 2:13 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Tetapi sekarang di dalam Mesias Yeshua kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Mesias.

Efe 2:14 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

Efe 2:15 - Firman Elohim Yang Hidup (FEYH)
Dengan kematian-Nya Ia meniadakan permusuhan yang timbul di antara kita, karena adanya HUKUM-HUKUM (RABBINIKAL) YAHUDI yang mengutamakan orang Yahudi dan menyisihkan orang bukan-Yahudi, sebab Ia mati untuk menghapuskan seluruh sistem HUKUM (RABBINIKAL) YAHUDI. Kemudian kedua golongan yang bermusuhan itu dijadikan-Nya anggota-anggota tubuh-Nya sendiri. Dengan demikian, mereka dipersatukan menjadi SATU MANUSIA BARU, dan akhirnya perdamaian pun tercapailah.

Apakah yang dimaksudkan oleh Rabbi Shaul dengan kalimat "[לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL]"?

EFESUS 2:11
==========
Pertama-tama, perlu kita ketahui kepada siapa tulisan Rabbi Shaul ini ditujukan? 

Dalam Efesus 2:11 dijelaskan bahwa tulisan Rabbi Shaul ditujukan kepada ORANG-ORANG NON-YAHUDI YANG SUDAH PERCAYA KEPADA MESIAS ORANG YAHUDI, yaitu YESHUA.

Efe 2:11 - Terjemahan Baru - (TB-LAI)
Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu--sebagai ORANG-ORANG BUKAN YAHUDI MENURUT DAGING, yang disebut ORANG-ORANG TAK BERSUNAT oleh mereka yang menamakan dirinya "SUNAT", yaitu SUNAT LAHIRIAH YANG DIKERJAKAN OLEH TANGAN MANUSIA, -- (BRIT MILAH)

Perlu diketahui bahwa "ORANG-ORANG NON-YAHUDI" sering dipanggil sebagai "ORANG-ORANG TIDAK BERSUNAT" oleh "ORANG-ORANG YAHUDI".

Mengapa?

Karena definisi "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]" berdasarkan konsep di dalam ORTHODOX JUDAISME didefinisikan sebagai: "TANDA SESEORANG MENJADI KEWARGAAN ISRAEL".

Tetapi, apakah benar definisi ini? Apakah definisi "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'' adalah sebuah "TANDA SESEORANG MENJADI KEWARGAAN ISRAEL"?

Saya menyebutkannya "RELATIVE", karena tidak selalu selamanya benar! Berdasarkan pemahaman ORTHODOX JUDAISME, memang benar demikian. Tetapi belum tentu dengan pemahaman yang lain di dalam JUDAISME.

Karena jika kita memperhatikan sesuai dengan KONTEKS yang benar, maka "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]" sudah dilakukan jauh sebelum bangsa Israel lahir. Di dalam Kejadian 17 dijelaskan:

Kej 17:10 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
INILAH PERJANJIAN-KU [זֹ֣את בְּרִיתִ֞י - TZOT B'RIT'I], yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus di-SUNAT

Kata "[בְּרִיתִ֞י - B'RIT'I]", yang artinya "PERJANJIAN-KU", sudah cukup menjelaskan bahwa "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'' adalah MILIK KEPUNYAAN-NYA. Bukan milik suatu suku, ras atau bangsa. Siapa saja yang memutuskan untuk menyembah HA'SHEM, tanpa memandang suku, ras atau bangsa, maka ia diharuskan mengikuti "PERJANJIAN-NYA", yaitu dalam hal ini tentang "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]''.

Sama halnya di dalam Imamat 23:2, ketika HA'SHEM mengatakan: "HARI RAYA-HARI RAYA-KU [מֹועֲדָֽי - MO'ADA'I]"

Leviticus 23:2 - English Standard Version (ESV)
“Speak to the people of Israel and say to them, These are the appointed feasts of the LORD that you shall proclaim as holy convocations; they are MY APPOINTED FEASTS [מֹועֲדָֽי - MO'ADA'I].

"[מֹועֲדָֽי - MO'ADA'I]" = HARI RAYA-HARI RAYA MILIK HA'SHEM.
"[בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'' = TANDA PERJANJIAN MILIK HA'SHEM.

Siapa saja yang melakukan "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'', maka itu adalah suatu TANDA PERJANJIAN MILIK KEPUNYAAN HA'SHEM tanpa memandang suku, ras dan bangsa. Karena itulah Eliezer, orang Damaskus, juga melakukan "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]''. Kaleb, orang Kenas, juga melakukan "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]''. Bahkan Yishma'El, Esav, mereka semua melakukan "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'', walaupun setelah melakukan "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'', mereka menyimpang dari PERJANJIAN dengan HA'SHEM. Esav, malah dikenal sebagai orang EDOM.

Jadi definisi "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'' sesuai dengan KONTEKS-nya adalah: suatu TANDA PERJANJIAN MILIK KEPUNYAAN HA'SHEM tanpa memandang suku, ras dan bangsa. 

Sedangkan, pada zaman RABBINIKAL JUDAISME abad mula-mula, "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'' didefinisikan oleh para rabbi sebagai "suatu TANDA SESEORANG MENJADI KEWARGAAN ISRAEL", karena itu Rabbi Shaul menuliskan Efesus 2:11 sedemikian rupa.

EFESUS 2:12
==========
Efe 2:12 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
bahwa waktu itu kamu tanpa Mesias, tidak termasuk KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL] dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Elohim di dalam dunia.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa "ORANG-ORANG NON-YAHUDI", karena tidak mengenal HA'SHEM, maka tidak dapat mengenal PERJANJIAN DENGAN HA'SHEM, yaitu salah satunya adalah "SUNAT [בְּרִית מִילָה - BRIT MILAH]'', yang dikategorikan oleh Rabbi Shaul sebagai "tidak termasuk KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL]".

Kita, "ORANG-ORANG NON-YAHUDI" adalah "ORANG-ORANG tanpa pengharapan, dan tanpa Elohim". Jika dibandingkan dengan "ORANG-ORANG YAHUDI", maka terdapat TEMBOK PEMISAH, antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI". 

Apakah HA'SHEM memang benar-benar membuat TEMBOK PEMISAH antara "NON -YAHUDI" dengan "YAHUDI"? Bukan-kah HA'SHEM adalah Elohim bagi segala umat manusia tanpa memandang suku, ras dan bangsa?

KITAB SUCI (TANAKH) menjelaskan bahwa HA'SHEM adalah Elohim-nya Abraham (orang Ibrani), juga Elohim-nya Eliezer (orang Damaskus), juga Elohim-nya Ishak, juga Elohim-nya Yakub, sebelum digantikan namanya menjadi "Israel", juga Elohim-nya Kaleb (orang Kenas), juga Elohim-nya Rahab (orang Yerikho), juga Elohim-nya Ruth (orang Moab), juga Elohim-nya Kornelius (orang Italia), dan lain sebagainya.

HA'SHEM tidak pernah membuat TEMBOK PEMISAH antara suku, ras, dan bangsa satu sama lainnya. 

Lalu siapakah yang membuat TEMBOK PEMISAH antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI"? 

TEMBOK PEMISAH
================
Kita dapat melihat TEMBOK PEMISAH antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI" di:

Kis 10:28 - Firman Elohim Yang Hidup (FEYH)
Petrus berkata kepada mereka, "Saudara-Saudara tahu bahwa HUKUM YAHUDI (RABBINIKAL) tidak membenarkan saya memasuki rumah orang bukan-Yahudi seperti ini. Tetapi dalam suatu penglihatan, Elohim telah menyatakan kepada saya, bahwa saya tidak boleh memandang rendah siapa pun.

Kis 10:28 - Bahasa Indonesia Sehari Hari (BIS)
Lalu ia berkata kepada mereka, "Saudara-saudara sendiri tahu bahwa orang Yahudi dilarang oleh agamanya (HUKUM RABBINIKAL) untuk mengunjungi atau berhubungan dengan orang-orang dari bangsa lain. Tetapi Elohim sudah menunjukkan kepada saya bahwa saya tidak boleh menganggap siapa pun juga najis atau haram.

Siapakah yang membuat TEMBOK PEMISAH antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI"? 

Apakah TORAH ADONAI?
Tidak! Sebab TORAH ADONAI mengatakan:

Ima 24:22 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
SATU HUKUM berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli, sebab Akulah TUHAN, Elohim-mu.

Kel 12:49  - Terjemahan Baru (TB-LAI)
SATU HUKUM saja akan berlaku untuk orang asli dan untuk orang asing yang menetap di tengah-tengah kamu.

Di dalam TORAH ADONAI, HA'SHEM sama sekali tidak membuat TEMBOK PEMISAHAN antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI". Semua yang menyembah HA'SHEM, berlaku SATU HUKUM, yaitu "TORAH ADONAI".

Lalu Kisah 10:28 sebenarnya berbicara tentang HUKUM yang mana, yang mengadakan PEMISAHAN antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI"?

JAWAB:
Itu tercatat di dalam "TORAH RABBINIKAL", yaitu yang selalu disebut dengan "TALMUD BABYLONIA" dalam traktat AVODAH ZARAH.

Contoh:
MISHNA AVODAH ZARAH chapter 1:1 
Three days before the festivals of the heathens it is forbidden to have any business with them. One must not lend them anything (which can be useful to them) nor borrow such from them. And the same is the case with cash money, even to pay or to receive payment is forbidden. R. Jehuda, however, maintains: To receive payment is allowed, because it is a displeasure to the payers. And he was answered: Although it is now a displeasure, it pleases them, in the future.

Aturan yang mengatur TEMBOK PEMISAHAN antara "NON-YAHUDI" dengan "YAHUDI" tidak diatur di dalam "TORAH ADONAI", tetapi diatur banyak sekali di "TORAH RABBINIKAL", yaitu "TALMUD".

Dan pada zaman Rabbi Shaul, "TORAH RABBINIKAL" berlaku sangat ketat, dan dianggap memiliki kesetaraan dengan "TORAH ADONAI" dan dapat melebihi "TORAH ADONAI", walaupun hanya ciptaan para rabbi.

Jika sudah mengerti TEMBOK PEMISAH ini, maka kita dapat lanjut ke Efesus 2:13-14.

EFESUS 2:13-14
============
Efe 2:13 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Tetapi sekarang di dalam Mesias Yeshua kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Mesias.

Efe 2:14 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

Rabbi Shaul menuliskan, bahwa sejak "NON-YAHUDI" menerima MESIAS YESHUA secara IMAN, "NON-YAHUDI" yang dahulu "jauh", sekarang sudah menjadi "dekat" oleh darah MESIAS. Karena di dalam MESIAS YESHUA, TEMBOK PEMISAH tersebut telah dirubuhkan.

Melalui pengorbanan MESIAS, "TORAH RABBINIKAL YANG BERTENTANGAN DENGAN TORAH ADONAI" sudah diruntuhkan, sehingga TIDAK ADA lagi perbedaan antara "NON-YAHUDI DI DALAM MESIAS", dengan "YAHUDI ASLI DI DALAM MESIAS".

Semua sama-sama adalah 1 (SATU) di dalam MESIAS.

Roma 10:12 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Elohim yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.

Di dalam "MESIAS ORANG YAHUDI" tidak ada TEMBOK PEMISAH lagi, tidak ada "TORAH RABBINIKAL YANG BERTENTANGAN DENGAN TORAH ADONAI".

Sehingga kesimpulan tulisan Rabbi Shaul dijelaskan pada Efesus 2:15.

EFESUS 2:15
==========
Efe 2:15 - Firman Elohim Yang Hidup (FEYH)
Dengan kematian-Nya Ia meniadakan PERMUSUHAN yang timbul di antara kita, karena adanya HUKUM-HUKUM (RABBINIKAL) YAHUDI yang mengutamakan orang Yahudi dan menyisihkan orang bukan-Yahudi, sebab Ia mati untuk menghapuskan seluruh sistem HUKUM (RABBINIKAL) YAHUDI. Kemudian kedua golongan yang bermusuhan itu dijadikan-Nya anggota-anggota tubuh-Nya sendiri. Dengan demikian, mereka dipersatukan menjadi SATU MANUSIA BARU, dan akhirnya perdamaian pun tercapailah.

"NON-YAHUDI" dan "YAHUDI" dijadikan satu di dalam MASHIACH menjadi SATU MANUSIA BARU, yaitu menjadi "KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL]".

Ini-lah yang dimaksud-kan oleh Rabbi Shaul dengan kata "KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL]", yaitu membuat suatu BANGSA YANG TERPILIH, HARTA KESAYANGAN [סְגֻלָּה֙ מִכָּל־הָ֣עַמִּ֔ים - SEGULA MIKOL HA'AMIM].

Kel 19:5 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi HARTA KESAYANGAN-KU SENDIRI [סְגֻלָּה֙ מִכָּל־הָ֣עַמִּ֔ים - SEGULA MIKOL HA'AMIM] dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Kel 19:6 - Terjemahan baru (TB-LAI)
Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel." 

1Ptr. 2:9 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Tetapi kamulah BANGSA YANG TERPILIH [סְגֻלָּה֙ מִכָּל־הָ֣עַמִּ֔ים - SEGULA MIKOL HA'AMIM], imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Elohim sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

KEWARGAAN ISRAEL [לְכָל־אֶזְרָח בְּיִשְׂרָאֵל - LECHOL EZRACH YISRA'EL], yang dimaksud oleh Rabbi Shaul adalah sesuai dengan TORAH ADONAI, yang terdiri dari "YAHUDI ASLI" dan "NON-YAHUDI" yang di-ENTEN-kan kepada "YAHUDI ASLI" melalui DARAH MESIAS YAHUDI, yaitu YESHUA.

Rom 11:17 - Firman Elohim Yang Hidup (FEYH)
Tetapi beberapa dari cabang-cabang pohon Abraham itu, beberapa dari ORANG YAHUDI ASLI, telah dipatahkan. Dan Saudara-saudara yang NON-YAHUDI, katakanlah cabang-cabang dari pohon zaitun yang liar, dicangkokkan kepada pohon itu. Jadi, sekarang Saudara juga menerima berkat yang dijanjikan Elohim kepada Abraham dan keturunannya, serta mendapat bagian makanan yang dengan berkelimpahan diberikan Elohim kepada pohon zaitun-Nya yang istimewa itu.

Di dalam MESIAS YAHUDI, kita, "ORANG-ORANG NON-YAHUDI" telah mendapatkan hadiah/kemurahan/kasih untuk menjadi SATU MANUSIA BARU bersama dengan "ORANG-ORANG YAHUDI ASLI".

Jika demikian, masih adakah tempat untuk REPLACEMENT THEOLOGY? 

Jangan sampai "NON-YAHUDI" disesatkan dengan pengajaran REPLACEMENT THEOLOGY yang diajarkan oleh beberapa main stream zaman sekarang yang mengatakan bahwa GEREJA telah menggantikan ISRAEL.

Ingat, REPLACEMENT THEOLOGY adalah hanya sebuah dekrit yang diciptakan oleh GEREJA (doktrin yang diciptakan oleh manusia) yang hanya berangkat dari pemahaman bahwa YESHUA adalah ANAK ELOHIM, YESHUA adalah ANAK MANUSIA, JURUSELAMAT.

Tetapi, perlu diingat juga, bahwa selain ANAK ELOHIM, ANAK MANUSIA, dan JURUSELAMAT, bukan-kah YESHUA juga dikenal sebagai RAJA ORANG YAHUDI?

Apakah pantas jika mengatakan YESHUA adalah RAJA ORANG YAHUDI tetapi masih mengatakan bahwa GEREJA sudah menggantikan ISRAEL (BANGSA YAHUDI)?

Kontradiksi!

Kita di-ingatkan kembali perkataan yang sangat terkenal dari Ruth, seorang Moab kepada Naomi, seorang Yahudi, yang melalui keturunan dari Ruth inilah MESIAS dilahirkan. Ia mengatakan: "[עַמֵּ֣ךְ עַמִּ֔י וֵאלֹהַ֖יִךְ אֱלֹהָֽי - AMECH AMI VE'ELOHAYICH ELOHAI]"

Rut 1:16 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
...bangsamulah bangsaku dan Elohim-mulah Elohim-ku [עַמֵּ֣ךְ עַמִּ֔י וֵאלֹהַ֖יִךְ אֱלֹהָֽי - AMECH AMI VE'ELOHAYICH ELOHAI]

Penggenapan nubuat SATU MANUSIA BARU sedang terjadi, seperti yang sudah pernah dinubuatkan oleh Zakharia.

Zak 8:23 - Terjemahan Baru (TB-LAI)
Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Pada waktu itu sepuluh orang dari berbagai-bagai bangsa dan bahasa akan memegang kuat-kuat punca jubah seorang Yahudi dengan berkata: Kami mau pergi menyertai kamu, sebab telah kami dengar, bahwa Elohim menyertai kamu!"

B'ahavah v' Baruch Ha'Shem b'Shem Yeshua Meshicheinu.





No comments:

Post a Comment