Shalom chaverim,
Di dalam parashat בֹּא BO dikatakan di Sefer Sh'mot 10:1,"וַיֹּאמֶר יְהוָה אֶל-מֹשֶׁה, בֹּא אֶל-פַּרְעֹה...Berkatalah HaShem kepada Moshe, MARI datang ke Firaun." Kata Ibrani בֹּא BO memiliki arti yang sebenarnya adalah "MARI."
Pertanyaan nya: "Mengapa HaShem memakai kata MARI, yang artinya mengajak Moshe datang bersama ke Firaun?" Apa sebenarnya yang Moshe hadapi?
Selanjutnya tentang domba Pesach, dikatakan di Sh'mot 12:5, bahwa domba tersebut haruslah tanpa cacat. Midrash Rabbah menjelaskan bahwa "domba Pesach" yang disembelih adalah menceritakan tentang dewa bangsa Mesir yang harus disembelih. Sedangkan Yeshayahu 53 menjelaskan bahwa Mashiach adalah domba yang disembelih. Jadi manakah yang benar? Apakah domba Pesach adalah lambang dewa Mesir? Atau, domba Pesach adalah lambang Mashiach yang mati disembelih?
Selanjutnya di Sh'mot 12:38 disebutkan tentang EREV RAV yaitu bangsa-bangsa non-Yahudi yang ikut exodus bersama bangsa Yahudi. Siapakah identitas EREV RAV ini? Kemudian apakah non-Yahudi boleh mengikuti Pesach Seder?
Torah mengharuskan non-Yahudi yang mengikuti Pesach Seder untuk disunat. Apakah artinya "disunat?" Apakah "sunat" sama dengan "brit milah?" Tentu saja berbeda. Apakah perbedaannya?
Bagaimana hubungan "proselyte" dengan "tikkun nefesh", dengan "tikkun middot", dengan "brit milah", dengan "briah chadassah?"
Apakah arti "proselyte" yang sesungguhnya?
No comments:
Post a Comment