Popular Posts

Tuesday, September 2, 2014

MEMAHAMI ARTI GRAFTED-IN

MEMAHAMI ARTI GRAFTED-IN
Andre Widodo
© Talmidim Ha'Mashiach Ministries - Meshichim Ha'Yehudim

Shalom,

Romans 11:17 - Complete Jewish Bible (CJB)
But if some of the branches were broken off, and you — a wild olive — were GRAFTED IN among them and have become equal sharers in the rich root of the olive tree,

Roma 11:17
Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah DICANGKOKKAN di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,

Kata "GRAFTED IN (DICANGKOKKAN)" berasal dari bahasa Ibrani [גּוּר - GUR], yaitu "MENETAP; MENGGABUNGKAN". [1] 

Dari kata Ibrani [גּוּר - GUR], maka kita mendapatkan kata Ibrani [גֵּר - GER], yaitu "ORANG YANG MENETAP; ORANG YANG MENGGABUNGKAN DENGAN ORANG-ORANG ASLI. [2] Bentuk jamak dari kata [גֵּר - GER] adalah [גֵּרִ֗ים - GERIM].

Di dalam Yesaya 14:1 dijelaskan:

Yesaya 14:1
Sebab ADONAI akan menyayangi Yaakov dan akan memilih Israel sekali lagi dan akan membiarkan mereka tinggal di tanah mereka, maka ORANG-ORANG ASING [גֵּרִ֗ים - GERIM] akan MENGGABUNGKAN DIRI kepada mereka dan akan berpadu dengan kaum keturunan Yaakov.

Kapan sebenarnya konsep GRAFTED-IN ini ada dijelaskan di dalam Kitab Suci?

Konsep GRAFTED-IN ini sebenarnya dicatat di dalam TORAH. Abraham di dalam Kejadian 12:5 adalah orang yang pertama kalinya yang memenangkan banyak jiwa-jiwa baru yang GRAFTED-IN kepada Abraham untuk bersama-sama menyembah Ha'Shem, "NAIK KE ATAS", yaitu dalam bahasa ibrani "[עֲלִיָּה - ALIYAH]"

Di dalam pembacaan Parashah LEKH LEKHA kita membaca:

Kejadian 12:5
Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH mereka di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.

Siapakah identitas "ORANG-ORANG YANG DIPEROLEH" ini?

Rashi menjelaskan:
"The 2.000 years of chaos" ended when Avram was 52 years old. Avram was born in the Jewish year 1948 after the Creation. When he was 52 years old, he brought back all the souls that he had acquired (converted) in Haran as stated in Genesis 12:5." [3]

Di dalam Kejadian 12:5, para Rabbi percaya bahwa Abram dan Sarai keluar dari Haran menuju Tanah Perjanjian, bersama dengan orang-orang  [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang MENGGABUNGKAN DIRI kepada Abram dan Sarai.

Konsep "GRAFTED-IN" yang dijelaskan Rabbi Shaul di dalam Roma 11:17 adalah konsep di dalam TORAH di Kejadian 12:5. Hal ini terjadi lagi di Keluaran 12:37-38, ketika bangsa Israel keluar dari Mesir, bersama dengan BANYAK ORANG DARI BERBAGAI-BAGAI BANGSA, yaitu [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang MENGGABUNGKAN DIRI kepada bangsa Israel untuk menyembah Ha'Shem.

Keluaran 12:37
Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.

Keluaran 12:38
Juga BANYAK ORANG DARI BERBAGAI-BAGAI BANGSA turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi. 

Elohim menginginkan bahwa kita sebagai [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang MENGGABUNGKAN DIRI kepada bangsa Israel untuk menyembah Ha'Shem bersama-sama dengan seisi rumah Yaakov (Israel).

Yesaya 14:1
Sebab ADONAI akan menyayangi Yaakov dan akan memilih Israel sekali lagi dan akan membiarkan mereka tinggal di tanah mereka, maka ORANG-ORANG ASING [גֵּרִ֗ים - GERIM] akan MENGGABUNGKAN DIRI kepada mereka dan akan BERPADU dengan kaum keturunan Yaakov.

PERTANYAAN
===========
Jika Elohim menghendaki kita sebagai [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang MENGGABUNGKAN DIRI kepada bangsa Israel, untuk menyembah Ha'Shem bersama-sama dengan seisi rumah Yaakov (Israel), maka sekarang timbul pertanyaan:

1.) Apakah pantas jika ada [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang memanggil Elohim dengan cara yang berbeda dengan seisi rumah Yaakov (Israel)? 

Seisi rumah Yaakov (Israel) memanggil Elohim dengan kata "[אֲדֹנָי  -ADONAI]" dalam Siddur [4], dan dengan kata "[הָשֵׁם - HA'SHEM]" dalam percakapan sehari-hari, Imamat 24:16. [5] 

Apakah pantas jika ada [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang malah memanggil sebagai YAHWEH, JEHOVAH, YEHOVAH, YAHUWAH dan lain sebagainya?

Tentu saja tidak pantas! 

Sebagai [גֵּרִ֗ים - GERIM] tidak sepantasnya merubah nilai-nilai yang berlaku di dalam seisi rumah Yaakov. Malahan nabi Zakharia mengajarkan bahwa justru sebaliknya [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang seharusnya belajar kepada 1 orang Yahudi.

Zakharia 8:23
Beginilah firman ADONAI Tze'vaot (Semesta Alam): "Pada waktu itu 10 orang dari berbagai-bagai bangsa dan bahasa akan memegang kuat-kuat punca jubah 1 orang Yahudi dengan berkata: Kami mau pergi menyertai kamu, sebab telah kami dengar, bahwa Elohim menyertai kamu!"

Rabbi Sha'ul menjelaskan agar [גֵּרִ֗ים - GERIM] JANGAN menjadi SOMBONG, JANGAN BERMEGAH terhadap seisi rumah Yaakov.

Roma 11:18
JANGAN-lah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

Roma 11:20
...JANGAN-lah kamu sombong, tetapi takutlah!

Roma 11:21
Sebab kalau Elohim tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.

2.) Apakah pantas jika ada [גֵּרִ֗ים - GERIM] yang merayakan HARI RAYA yang berbeda dengan seisi rumah Yaakov (Israel)? 

Tentu saja tidak pantas!

Bagaimana [גֵּרִ֗ים - GERIM] harus bersikap terhadap bangsa Israel sudah jelas di dalam Kitab SUci. Seperti Ruth mengatakan:

Ruth 1:16
Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: BANGSAMULAH BANGSAKU dan ELOHIM-MU-LAH ELOHIM-KU;

Dan sebagai [גֵּרִ֗ים - GERIM], sebagai GRAFTED-IN, HA'SHEM sendiri dengan jelas memerintahkan:

Keluaran 12:49
SATU TORAH saja akan berlaku untuk orang asli dan untuk orang asing yang menetap di tengah-tengah kamu.

Imamat 24:22
SATU TORAH berlaku bagi kamu, baik bagi orang asing maupun bagi orang Israel asli, sebab Akulah ADONAI, Elohim-mu."

Bilangan 15:16
SATU TORAH dan satu peraturan berlaku bagi kamu dan bagi orang asing yang tinggal padamu."

Hanya ada SATU TORAH saja, yaitu TORAH untuk YAHUDI ASLI dan untuk GRAFTED IN [גֵּרִ֗ים - GERIM]. HA'SHEM tidak membeda-bedakan.

Jika demikian halnya, maka TORAH yang sama harus diaplikasikan untuk siapa saja yang ingin menyembah HA'SHEM, tanpa memandang SUKU, RAS dan LATAR BELAKANG.

3.) Apakah TORAH tentang SHABBAT hanya untuk bangsa Yahudi saja? 

Tentu tidak! Seperti SHABBAT diberikan sebagai PERINTAH kepada mereka yang keluar dari Mesir, dan mereka yang keluar dari Mesir terdiri dari YAHUDI ASLI dan GRAFTED IN [גֵּרִ֗ים - GERIM].

4.) Apakah TORAH tentang SUNAT hanya untuk bangsa Yahudi saja?

Tentu tidak! Di dalam Kejadian 17 seluruh isi rumah Abraham DISUNAT. Dan isi rumah Abraham terdiri dari Eliezer (orang Damsyik) dan semua orang yang GRAFTED IN [גֵּרִ֗ים - GERIM] dari Haran sesuai komentar dari Rashi di Kejadian 12:5.

5.) Apakah orang yang GRAFTED IN [גֵּרִ֗ים - GERIM] dapat dengan sesuka hatinya memilih PERINTAH di dalam TORAH?

Tentu saja tidak!

KEPUTUSAN
===========
Bahasa Ibrani adalah bahasa yang paling kaya. Tidak ada bahasa lain yang dapat menyamai kekayaan perbendaharaan kata di dalam bahasa Ibrani. Tidak-lah mengherankan karena berdasarkan para Rabbi, bahasa Ibrani disebut sebagai "Bahasa Kudus", yaitu "[לשון הקודש - LASHON HA'KODESH]".

Kata "GRAFTED IN" di dalam bahasa Ibrani memiliki 2 arti:
1.) [גּוּר - GUR], yaitu "MENETAP; MENGGABUNGKAN". [1] 
2.) [סַפַּ֫חַת - SAPHACHAT], yaitu "KUDIS". [6] Berasal dari kata [סָפַח - SAPHACH], yaitu MENGGABUNGKAN". [7]

Artinya:
Sebagai orang-orang yang "GRAFTED-IN" kepada bangsa Israel, ada 2 pilihan kemungkinan, yaitu:

1.) Menjadi "GRAFTED-IN" yang sesungguhnya "[גּוּר - GUR]", yang tidak menimbulkan perselisihan dengan bangsa YAHUDI ASLI.

2.) Menjadi "GRAFTED-IN" yang palsu "[סַפַּ֫חַת - SAPHACHAT]", yang menjadi KUDIS; PENYAKIT yang menimbulkan perselisihan dengan bangsa YAHUDI ASLI.

Rabbi Itzhak Shapira menjelaskan hal ini dengan jelas di menit ke-25 sampai menit ke-30 di dalam pengajarannya:

http://www.youtube.com/watch?v=DNTY6bNAlqE

Manakah yang Anda pilih?

Menjadi MESIANIK JUDAISME adalah menjadi "GRAFTED-IN" yang sesungguhnya "[גּוּר - GUR]", yang tidak menimbulkan perselisihan dengan bangsa YAHUDI ASLI.

Inilah artinya menjadi pemeluk MESIANIK JUDAISME yang ada di dalam frame work JUDAISME. Berbeda sekali dengan HEBREW ROOT MOVEMENT (KRISTEN AKAR IBRANI).

Bibliography:
[1] http://biblehub.com/hebrew/1481.htm
[2] http://biblehub.com/hebrew/1616.htm
[3] Rabbi Itzhak Shapira, "The Return Of The Kosher Pig" halaman 33
[4] http://biblehub.com/hebrew/136.htm
[5] http://biblehub.com/hebrew/8034.htm
[6] http://biblehub.com/hebrew/5597.htm
[7] http://biblehub.com/hebrew/5596.htm

1 comment:

  1. ken akhi, Mesianik Yudaisme atau Netsarim Yudaisme adalah pilihan kita, life style kita yang sesuai dengan kehendak Adonai !
    Yeshua bless you !

    ReplyDelete