Popular Posts

Tuesday, September 9, 2014

SIAPAKAH NAMA YESHUA DI DALAM DOA ROSH HA'SHANAH?



































SIAPAKAH NAMA YESHUA DI DALAM DOA ROSH HA'SHANAH?
Andre Widodo
© ORI

Shalom,

Hari Raya ROSH HA'SHANAH, yaitu HARI RAYA TAHUN BARU YAHUDI semakin dekat. Di dalam kalangan Rabbinikal Judaisme, setiap ROSH HA'SHANAH ada doa khusus yang selalu dipanjatkan saat meniupkan SHOFAR.

Doa ini dapat dibaca di dalam MACHZOR (BUKU DOA untuk HARI RAYA) ROSH HA'SHANAH (YOM TERU'AH), yang dituliskan sebagai berikut:

"Yehi razton milefancha shet’kiat TASHRAT sh’anachnu tokim t’hei m’rukemet hai’reeah al yadei hammunah Tartiel k’shem sheqibalta al yad Eliyahu Z”L, vi'YESHUA Sar Ha'Panim v’Sar MemTet. V’timeleh aleinu b’rachamim. Baruch atah Ha'Shem, ba’al rachamim.

May it be your will (before you) that the sounding of the TASRHAT that we blow be woven into the curtain by the hand of the minister, Tartiel, like the name that was received by the hand of Eliyahu (his memory be for a blessing), and YESHUA the Prince of the Face, and the Prince Metatron. And may you be filled with mercy for us. Blessed are you, Master of mercies."

NOTE:
TASHRAT = Tekiah, Shevarim, Teruah, Tekiah Ha'gadolah, yaitu 4 macam tiupan SHOFAR.

PERTANYAAN:
1.) Siapakah YESHUA yang dimaksud di dalam MACHZOR ROSH HA'SHANAH?

2.) Apakah ini ada hubungannya dengan figur YESHUA di dalam kalangan umat Mesianik Judaisme?

3.) Siapakah penulis doa ini?

JAWABAN:
Sesuai dengan doa ROSH HA'SHANAH dijelaskan bahwa YESHUA = SAR HA'PANIM = METATRON, yaitu Malaikat HA'SHEM.

Kata "METATRON" berasal dari 2 kata Yunani, yaitu kata "META [μετά]" [1], yang artinya adalah "DI BELAKANG" dan kata "THRONOS [θρόνος]" [2], yang artinya adalah "TAHTA", sehingga "METATRON" artinya adalah: "DIA YANG DI BELAKANG TAHTA". [3]

Figur METATRON ini juga disebut sebagai "THE PRINCE OF THE COUNTENANCE" [4], yaitu "PRINCE OF THE FACE", karena kedekatannya dengan Ha'Shem sendiri.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah METATRON ini adalah representasi dari Ha'Shem itu sendiri, sehingga implikasi dari hal ini, maka METATRON adalah lebih tinggi dari malaikat-malaikat Ha'Shem yang lain.

Di dalam Keluaran 3:2 METATRON menampakkan Diri-Nya kepada Musa, dan METATRON membahasakan Diri-Nya sebagai Ha'Shem itu sendiri.

Keluaran 3:2
Lalu Malaikat ADONAI (*yaitu METATRON*) menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.

Keluaran 3:6
Lagi Ia berfirman: "Akulah Elokim ayahmu, Elokim Avraham, Elohim Itzhak dan Elokim Yaakov." Lalu Moshe menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Elokim.

Jika sesuai dengan buku doa ROSH HA'SHANAH dijelaskan bahwa YESHUA = SAR HA'PANIM = PRINCE OF THE FACE = METATRON, maka kita sekarang tahu siapakah DIa ini.

Setahu saya hanya ada 1 orang yang bernama YESHUA yang mengatakan bahwa sebelum Avraham ada, Dia telah ada.

Yohanes 8:58
Kata YESHUA kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Avraham jadi, Aku telah ada."

Bahkan di dalam tradisi Rabbinikal dijelaskan bahwa MESIAS sudah ada pada Hari Penciptaan. [5]

YESHUA itu adalah YESHUA yang berasal dari kota Nazaret, MESIAS-nya bangsa Yahudi.

Professor Yehudah Liebes dari Hebrew University, serang Professor dalam bidang Kaballah menjelaskan bahwa figur YESHUA yang ada di dalam buku doa ROSH HA'SHANAH adalah YESHUA yang disembah oleh para pengikut Mesianik Judaisme di abad pertama. [6]

Daniel Abrams, dari Bar-Ilan University, memberikan keterangan tentang penjelasan Professor Yehudah Liebes dengan mengatakan: ""Yehuda Liebes has brought to our attention the striking identification of METATRON with YESHUA in the liturgy." [7]

YESHUA yang adalah METATRON adalah MEDIATOR antara kita dengan Ha'Shem. Hal ini persis seperti yang dikatakan:

1 Timotius 2:5
Karena Elokim itu ECHAD (ESA) dan ECHAD (ESA) pula Dia yang menjadi PENGANTARA (MEDIATOR) antara Elohim dan manusia, yaitu manusia Mashiach YESHUA,

Hal unik yang lain adalah:
Di dalam K’hal Publishing’s Soloveitchik Machzor, mereka menjelaskan figure YESHUA di dalam do a ROSH HA'SHANAH sebagai figure IMAM BESAR (HIGH PRIEST), yaitu COHEN HA'GADOL.

“…sound be embroidered into the [heavenly] curtain by the appointed angel [טרטיא”ל], just as You accepted prayers through Elijah, who is remembered for good; YESHUA (the COHEN HA'GADOL), minister of the Inner Chamber; and the ministering angel [מט”ט]; and may You be filled with mercy upon us. Blessed are You, Master of Mercies.”

Rosh HaShanah Machzor, Rabbi Joseph B. Soloveitchik, K’hal Publishing,pg. 449

Lalu siapakah sebenarnya penulis dari doa ROSH HA'SHANAH ini? Rabbi Itzhak Shapira menjelaskan bahwa jika kita melakukan penelitian yang dalam, kita akan menemukan bahwa penulis doa ROSH HA'SHANAH yang sekarang dipakai di dalam kaum Rabbinikal Judaisme adalah Shimon Kefa sendiri, yaitu Simon Petrus. [8]

Baruch Ha'Shem!

Dalam menyongsong ROSH HA'SHANAH tahun ini, kita sebagai pemeluk Mesianik Judaisme, memiliki pengharapan penuh bahwa YESHUA, yang adalah METATRON, yang adalah SAR HA'PANIM, yang adalah MEDIATOR kita kepada Ha'Shem, yang membawakan suara kita langsung ke dalam Shechinah-Nya pada setiap tiupan Shofar.

"Barukh attah ADONAI Elokeinu Melekh ha-olam, asher kiddeshanu
be'mitzvotav ve'tzivanu lishmo'a kol shofar."

"Blessed art Thou, ADONAI our G-d, King of the universe, who has sanctified us with His commandments and commanded us to hear the sound of the shofar."

Tiup-kan Shofar!

Baruch Ha'Shem!

Bibliography:
[1] http://biblehub.com/greek/3326.htm
[2] http://biblehub.com/greek/2362.htm
[3] Encyclopedia Judaica, Vol. II, Keter Publishing House, Ltd.: Jerusalem 1971, hal1446
[4] Encyclopedia Judaica, Vol. II, Keter Publishing House, Ltd.: Jerusalem 1971, hal. 1443
[5] http://andrewidodo-lordofglory.blogspot.sg/2014/09/terang-or-nehorah.html
[6] Yehudah Liebes, "Who Makes the Horn of Jesus to Flourish," Immanuel 21 (Summer 1987), footnote 28, hal. 67.
[7] Daniel Abrams, ''The Boundaries of Divine Ontology: The Inclusion and Exclusion of Metatron in the Godhead,'' Harvard Theological Review 87.3 (1994): 317.
[8] https://www.youtube.com/watch?v=A1EosQ9Av28&list=UUDbecCQOzBP3yLpM9Ssw27Q

No comments:

Post a Comment